MINGGU, 20 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiLove
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Perbedaan Usia Dalam Cinta
Ariana – Jakarta

 

Dear Mas Dad, TA dan KoKiers,

Cinta adalah anugerah. Dunia terasa lebih indah dan berwarna, ketika sedang jatuh cinta. Kesepahaman dan cara pandang yang sama, kecocokan satu dengan lain, seringnya bertemu dapat menimbulkan benih-benih cinta.

Berbicara tentang perbedaan usia dalam cinta, setiap orang mempunyai harapan dan cara pandang yang berbeda. Bagi sebagian orang, perbedaan usia dalam cinta, tidaklah menjadi pertimbangan atau masalah di antara mereka yang saling mencintai dan menyayangi. Tetapi terkadang perbedaan usia dapat menjadi penghalang cinta.

Ketika aku masih berusia remaja, aku mempunyai keinginan mempunyai kekasih yang berusia lebih tua empat tahun. Penyebabnya, aku melihat kakak sepupuku yang menikah dengan seseorang yang usianya terpaut jauh, terlihat begitu serasi dan bahagia serta rumah tangganya harmonis.

Ada tiga orang teman-teman sekelasku saat SMU yang menjalin kasih dengan teman sekelas yang lebih muda akhirnya berlanjut ke jenjang pernikahan. Dari tiga pasang itu, semua cewek berusia lebih tua dari usia cowok, berkisar antara satu dan dua tahun. Usia cewek yang lebih tua, bukanlah masalah, apalagi dengan teman sekelas, meskipun selisih usia beberapa tahun.

Dari silsilah keluarga besarku dari pihak ayah dan ibu, perbedaan usia antara kakek dan nenek adalah sepuluh tahun dan perbedaan usia ayah dan ibu adalah tujuh tahun. Bagi generasi pendahulu, rata-rata usia cowok lebih tua dibandingkan cewek. Konon, kakek dan nenek serta ayah dan ibuku dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Keduanya tidak saling mengenal sebelumnya. Masa perkenalan dan penjajakan cukup singkat dan usia saat menikah pun relatif muda.

Ketika kita hadir dalam sebuah pesta pernikahan, sering kali di antara para undangan, ada pertanyaan yang umum diajukan “Berapa perbedaan usia pengantin pria dan wanita?”. Hal ini terutama, jika mempelai pria terlihat jauh lebih tua atau sebaliknya mempelai wanita terlihat lebih dewasa. Jika pasangan yang menikah sepantaran, apalagi pasangan tersebut satu almamater dan terlihat begitu serasi, biasanya tidak ada pertanyaan.

Jika usia cowok lebih tua dari usia cewek, biasanya tidak menjadi bahan perbincangan, karena dianggap umum, hingga berbeda sepuluh tahun. ketika usia cewek lebih tua sekitar empat tahun saja, biasanya suka menjadi perbincangan, terutama jika wajah cewek terlihat lebih dewasa.

Beberapa waktu yang lalu, kakak sepupuku cowok melangsungkan pernikahan di sebuah hotel berbintang. Perbedaan usianya dengan istrinya sangat jauh yaitu 20 tahun. Istrinya terlihat sangat cantik dalam balutan gaun pengantin putih yang elegan. Rambutnya yang sebahu dibiarkan tergerai dengan mahkota mungil di atas kepalanya. Kakak sepupuku sangat perhatian dan sayang kepada istrinya.

Perbedaan usia sangat besar, membuat kakak sepupuku agak cemburu dan melarang istrinya menggunakan gaun pesta yang sedikit terbuka dan meminta istrinya untuk tidak berhubungan dengan teman-teman cowok masa kuliahnya. Ketika seorang fotografer sempat menyentuh istrinya untuk pengaturan gaya saat foto pre-wedding, kakak sepupuku sempat protes kepada fotografer tersebut.

Aku dan adik-adik dari kakak sepupuku sempat bingung untuk memanggil istrinya. Mau memanggil dengan sebutan kakak, usia kita lebih tua. Hanya memanggil nama, rasanya kurang menghormati kakak sepupu. Kalau dengan sepupu yang lain, perbedaan usia tidak terlalu jauh, biasanya kita cukup memanggil nama biar lebih akrab.

Ada yang mempunyai harapan dan keinginan untuk memiliki kekasih yang usianya berselisih sekian tahun. Dengan berjalannya waktu, kita tidak menemukan orang yang usianya yang sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Apakah kita menolak kehadiran cinta hanya karena perbedaan usia belaka? Kita yang menjalani hubungan cinta. Kita tidak perlu memedulikan ucapan orang lain jika usia kita dan pasangan terpaut jauh, sekalipun usia cewek yang lebih tua beberapa tahun.

Perbedaan usia dalam cinta tergantung dari pandangan masing-masing. Ada cewek yang mendambakan figur kebapakan karena dianggap lebih dewasa sehingga dapat memberikan perlindungan dan kasih sayang. Sementara itu, ada cowok yang usianya lebih muda tetapi menyukai cewek yang dewasa dan mandiri. Tidak ada masalah dan pernikahannya langgeng. Bagi yang menikah dengan teman seperjuangan, teman masa sekolah dan kuliah, umur mereka rata-rata sama. Bahkan, ketika telah menjadi suami istri, mereka masih seperti sahabat, dengan gaya bahasa gue dan elu.

Dalam suatu hubungan percintaan, banyak faktor yang lebih penting dari perbedaan usia. Cinta sejati, kasih sayang, perhatian, kesepahaman dan kecocokan, toleransi serta saling menghargai.

 

 

Regards,

Ariana

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 11 Halaman Komentar | First Prev Next Last
akita, salah ketik.. maksud saya, cewe atau istrinya yang lebih tua sekitar 2 - 5 tahun, mereka akur2 dan cocok.
Posted by: Ariana | Rabu, 5 Januari 2011 | 12:06 WIB
akita, perbedaan usia tidak menjadi masalah... banyak teman-temanku cewe yang mempunyai cowo dan suami lebih tua antara 2 - 5 tahun, dan mereka hingga saat ini akur dan cocok saja, yang penting cocok, saling mencintai dan menghargai. Thanks ya..
Posted by: Ariana | Rabu, 5 Januari 2011 | 12:04 WIB
dulu aku mendambakan suami yang lebih tua. kesannya lebih dewasa dan ngayomi. ternyata, ketemu jodohnya terbalik. aku mendapat yang lebih muda 4 th.... dan koq ya cocok2 saja sampai saat ini, selain dewasa dan ngayomi... malah sangat memanjakan tuhhh... so, usia bukan masalah, yang penting kecocokannya kan?
Posted by: akita | Kamis, 23 Desember 2010 | 16:52 WIB
Terima kasih buat teman-teman yang sudah baca dan komentar pada artikel ini. Yup, pengalaman kalau pacaran dengan umur sebaya, kadang2 kalau sedang ngobrol, suka pakai gaya bahasa eloe dan gue, kesannya lebih akrab hihihihi....
Posted by: Ariana | Senin, 29 November 2010 | 00:44 WIB
aku seumuran, tapi dia kerempeng banget, jadi malah sering dikira adikku (apalagi ada yg bilang garis wajah kami sama) huuuuh sebel. tapi ya, seumuran memang nyaman banget. anak muda banget. dan ya, kadang masih gue-elo, hahaha
Posted by: kenandari | Minggu, 28 November 2010 | 17:45 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved