RABU, 16 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiLove
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Jatuh cinta pada pandangan pertama
Gunawan - California



Dear Zev dan Asmod serta seluruh pembaca Koki yang diberkati Tuhan.
Entah mengapa tiba-tiba muncul keinginan untuk menulis tentang kata “Cinta” yang menjadi bahasa dunia yang sangat universal. Dari Wikipedia kita bisa mengenal ratusan kata “cinta” dari berbagai bahasa dan Negara. China –“Ai” , Jerman – “liebe” , Inggris -“ Love”, Hawaii – “Aloha

Sebelum melanjutkan tulisan ini, saya ingin mendukung dalam doa akan kesembuhan Zev, saya tidak tahu apa yang dirasakan Zev saat ini, tapi percayalah Tuhan telah mendengar doa kita apalagi didukung oleh banyak pencinta Kokiers dari seluruh dunia. Inilah doanya , Ya Tuhan, hindarkan aku dari celaka dan menyembuhkan sakitku. Tuhan mengabulkan doaku. Kami tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN.
Semoga bisa menguatkan Zev.

Didalam tulisan ini sekali-kali tidak ada keinginan penulis untuk merendahkan atau meninggikan salah satu agama dan juga tidak ada keinginan untuk memacu konflik, semata mata untuk mengungkapkan soal perasaan “cinta”. Ungkapan cinta hanya terbatas pada hubungan antara manusia , memfokuskan antara pria dan wanita, serta hubungan manusia dengan Tuhan.

Cinta terhadap materi atau duit serta cinta terhadap binatang( pet lovers) tidak termasuk dalam pembahasan disini.

Bila ada tambahan mengenai “Cinta” silahkan para pembaca bersharing tentang “Cinta”

Arti “cinta” untuk jelasnya :
Definisi cinta diambil dari Wikipedia
As an abstract concept, love usually refers to a deep, ineffable feeling of tenderly caring for another person. When discussed in the abstract, love usually refers to interpersonal love, an experience felt by a person for another person. Love often involves caring for or identifying with a person or thing, including oneself.

Jatuh cinta pada pandangan pertama.
Ungkapan yang terkenal dalam soal percintaan. Hanya satu kali pandang sudah rasanya jantung mau keluar dari dada, disaat melihat gadis atau pemuda, rasanya ada getaran arus listrik yang menjadikan tubuh bergetar. Dari mata turun kehati, siang malam terbayang wajah sang gadis ataupun sang pemuda. Tak enak makan atau tidur. Penulis sendiri belum pernah merasakan hal ini, jadi tak tahu banyak. Penulis pernah membaca tulisan dari Nyi DCH, yang menuliskan artikel cinta kilat ?? Apakah ini termasuk katagori jatuh cinta pada pandangan pertama ?

Cinta monyet
Kapan terjadinya dan mengapa disebut cinta monyet, penulis sendiri ngak tahu. Apakah saat itu seperti monyet yang salah tingkah dan cengar cengir, yaitu saat kita menghadapi gadis atau pemuda yang diimpikan semasa pubertas. Pada masa ini sebetulnya ada suatu perkembangan dalam jiwa, suatu perasaan mulai tertarik pada lawan jenis. Kadangkala kalau teringat pada waktu SMP, dikelas dua, penulis mulai tertarik pada lawan jenis, sampai berkorban menuliskan catatan ilmu hayat yang tak kepalang banyaknya. Tetapi dilakukan karena ada perasaan mengasihi untuk gadis tsb. Juga dengan senang hati pergi tamasya ramai-ramai dengan teman sekelas dengan naik sepeda sekitar 30 km, kehujanan dll, tapi hati senang dan gembira karena bisa bersama dengan gadis yang dicintai. Walaupun semuanya ini tidak diutarakan secara terbuka, tapi hanya secara samar-samar karena masih malu.

Cinta pertama
Dengan menanjaknya usia, perasaan mengasihi lawan jenis sudah mulai matang, tidak seperti monyet lagi, tapi sudah seperti manusia dewasa, sudah bisa mengungkapkan perasaan cinta atau sayang terhadap orang yang kita cintai. Mulai dengan pendekatan dan penjajakan soal sifat, kebiasaan dan principal hidup mulai diutarakan. Melaporkan diri dihari weekend untuk memadu kasih dengan mengajak nonton film atau lenong, menggandeng tangan sembari bisik-bisik , saling pandang dengan mesra dan stop disini for adult only. Oh alangkah indahnya saat ini, rasanya dunia hanya milik berdua. Tak disangkal walaupun tidak berakhir dengan perkawinan, tapi meninggalkan suatu sweet memory, berupa ciuman pertama, berdarmawisata. Hanya sayang cinta pertama berakhir dengan singkat karena berpisah untuk melanjutkan sekolah di Jakarta. Melalui pengalaman ini penulis memulai mengenal gereja. Sampai sejauh ini Tuhan tetap menyertai hidupku, dan bersyukur karena Tuhan mempunyai rencana dalam hidupku .

Cinta bersemi karena selalu bersama
Ada suatu pepatah Jawa mengatakan “Witing tresno jalaran soko kulino” yang kurang lebih mempunyai arti bahwa cinta bersemi atau bertumbuh karena sering atau banyak bersama-sama. Katakan lah dalam suatu group study di University, seminggu bisa 3 atau 4 kali belajar bersama, satu kelas dan naik bus bersama. Dari hal ini bisa cinta mulai bersemi. Atau perkawinan orang tua diwaktu jaman dulu. Belum ada dating service dll, yang ada yaitu mak comblang yang menginformasikan adanya gadis yang sudah cukup umur untuk memasuki pernikahan. Sang pemuda hanya bisa melihat dari jauh dan menyetujui, maka diadakan suatu pertemuan untuk melamar. Tidak pakai pacaran atau tunangan. Pernikahan berlangsung dan mulailah cinta bersemi karena setiap hari bersama. Orangtua saya sampai berpisah karena dipanggil oleh Bapa di surga, mempunyai hidup yang berbahagia.

Dibandingkan dengan keadaan sekarang, bersyukur kita bisa memilih pasangan kita sendiri, tapi banyak yang berakhir dengan perceraian atau perselingkuhan yang disebabkan karena kurang banyak waktu untuk bersama. Cinta yang seharusnya indah mulai luntur karena terjebak oleh moderenisi teknologi yang mengkontrol hidup kita. Seharusnyalah kita yang mengkontrol kemajuan teknologi untuk kebahagiaan kita. Yang dimaksud adalah sarana chatting, facebook dll, yang menjadikan suami /isteri menghabiskan waktu yang berlebihan didepan computer, atau main games dikomputer sampai berjam-jam. Jaman dulu, tanpa TV, computer dll, banyak waktu untuk bersama dan berkomunikasi, sehingga banyak masalah yang didiskusikan beserta penyelesaiannya, termasuk banyak anak. Keadaan sekarang banyak perkawinan yang kembali menjadi single man/woman, karena masing-masing, asyik dengan masing-masing interest. Ngak ada diskusi soal Sex, Money dan Communication. Yang menurut statistic adalah penyebab terbesar perceraian di Amerika, yaitu ketiga factor diatas, yang seharus adalah balance dan yang terlebih penting adalah memelihara perkawinan setiap saat. Janganlah setelah menikah sekian lama cinta menjadi luntur, kehangatan menjadi hilang, hanya rutinitas.

Cinta berakhir dengan tragedy – Romeo and Juliet
Seharusnya cinta itu adalah suatu ungkapan perasaan yang mendalam seorang pria/wanita terhadap lawan jenisnya, dalam upaya untuk mengarungi bahtera hidup dalam perkawinanan yang berbahagia. Hanya sayang kadangkala banyak halangan yang terjadi, karena melibatkan soal keluarga, agama, suku dan lain kebudayaan. Contoh yang sangat terkenal yaitu kisah cinta Romeo dan Juliet, yang pernah difilmkan, yang beredar hampir diseluruh dunia. Kisah kasih yang berakhir dengan tragedy dimana Romeo dan Juliet mengakhiri hidup mereka, karena masalah keluarga. Kisah ini difilmkan dan melahirkan suatu lagu yang sangat terkenal, yang bisa dinikmati di youtube.


Di Indonesia sendiri banyak ceritera tentang kawin lari, karena tidak disetujui oleh orang tua, disebabkan oleh perbedaan agama, atau perbedaan suku. Bahkan sampai mengikuti tragedy diatas dengan meminum Baygon dsb.

Cinta buta-love is blind
Benarkah cinta itu buta ? tidak bisa melihat dengan mata yang normal, menutupi segala pikiran yang waras/normal. Semuanya tertutup oleh perasaan yang disebut cinta atau kasih. Karena soal “cinta” bisa seorang ibu/bapak dengan tega meninggalkan suami /isteri dan anak-anak yang masih kecil-kecil untuk pergi dengan orang lain. Karena “cinta buta”, seorang gadis mau memadu cinta dengan seorang yang telah bersuami atau sebaliknya. Apakah sedemikian mendalam timbulnya cinta sehingga tak peduli akan status lawan jenisnya.

Cinta dan kebencian
Didalam cinta yang bersambut akan melahirkan suatu perasaan yang berbahagia. Akan tetapi hanya dibatasi dengan garis yang sangat tipis cinta bisa berubah menjadi hal yang menakutkan yaitu kebencian. Banyak kisah yang menyedihkan akibat penolakan cinta yang berakhir timbulnya kebenciaan yang sangat mendalam, sehingga bisa melakukan hal yang sangat diluar pemikiran yang normal, contohnya penganiayaan, pembunuhan dsb. didalam alkitab dituliskan hal ini yaitu Amnon anak raja Daud yang jatuh cinta pada Tamar, adik tirinya. Dengan segala akalnya berhasil meminta pada raja Daud agar dirinya bisa dirawat oleh Tamar, akan tetapi Amnon memperkosa Tamar. Setelah kejadian ini kemudian Amnon berubah menjadi kebencian dan mengusir Tamar. Yang dikemudian hari dari akibat perbuatan ini Amnon dibunuh oleh kakaknya Tamar yaitu Absalom.

Cinta dan penolakan- mengakibatkan -patah hati – dendam.
Didalam kehidupan yang nyata, banyak terjadi bahwa tak selamanya cinta bersambut gayung, bahkan banyak yang bertepuk sebelah tangan. Tak bisa disalahkan karena keinginan untuk berbahagia, setiap orang pasti mempunyai idaman dan impian akan pasangannya. Dari sekian banyak kumbang yang datang, pastilah harus memilih salah satu. Dan dengan sendirinya yang lain akan ditolak. Bila ditolak seharusnyalah berbesar hati karena pasangan tersebut bukanlah pasangan yang tepat. Tapi pada kenyataannya menjadi patah hati, seperti lagunya Rachmat Katolo – Patah hatiku. Sedih banget, sampai merana hatiku. Bila harga dirinya merasa terpukul dengan sangat ,bisa melakukan hal-hal yang bodoh dan kejam, seperti melakukan penganiayaan bahkan pembunuhan.

Cinta yang sangat mendalam
Sangat susah untuk menggambarkan perasaan ini, tapi saya akan ilustrasikan dengan ceritera ini
Drama korea dengan title Blue Fish, menceriterakan kasih yang mendalam dari seorang pemuda dan pemudi, hanya karena masalah masa lalu orangtua mereka, akhirnya dipisahkan. Sang pemuda, hanya bermodalkan nama sang gadis berhasil mencari gadis tersebut dikota Perth , Australia.Memadu kasih dan akhirnya berpisah karena maslah orang tua mereka pada waktu muda di Korea. Selang beberapa tahun kemudian sang pemudi bertemu dengan seorang usahawan yang sukses dan pindah ke Korea. Diceriterakan akhirnya sang pemuda dan pemudi bertemu kembali, tapi sang pemudi berstatus lain. Sang pemuda masih tetap mencintai dan demikian sang pemudi. Didalam ceritera ini sang usahawan merelakan istri pergi dengan sang pemuda. Intinya demikian mendalamkah “cinta”, sehingga bisa melewati batas, walaupun sudah menjadi istri orang lain masih mau dengan sang pemuda dan demikian sang pemuda walupun sang gadis sudah menjadi istri seorang laki masih mau merebutnya.
Ini linknya kalau mau menontonnya http://www.mysoju.com/blue-fish/


 

Hampir mirip dengan ceritera diatas, yang pernah ditulis dalam artikel Drama Korea atau Yuk nonton drama Korea, beberapa waktu lalu yaitu Winter Sonata. Dalam ceritera ini sang pemudi belum sampai menikah. Demikian mendalamkah yang disebut “cinta” ? linknya http://www.mysoju.com/winter-sonata/

Macam-macam bentuk cinta diambil dari mbah Wikipedia ada banyak macam. Salah satunya bahwa “cinta “ mempunyai empat model.

Storge- affection”- cinta antara hubungan family, kasih orang tua terhadap anak dan sebaliknya, cinta antar kakak dan adik

Fileo- cinta antara persaudaraan yang bukan dari pertalian darah, dalam group study, disebut juga brother hood love. Kota Philadelphia berasal dari kata ini

Eros- cinta antara pria dan wanita yang banyak didasari oleh keinginan sexual – erotis

Agape love- biasanya disebut unconditional love. Menyatakan betapa besar kasih Tuhan terhadap umatnya, walaupun tahu kita berdosa tapi tanpa syarat Tuhan tetap mengasihi kita.
Agape love biasanya ,membicarakan soal hubungan cinta antara manusia dan manusia dengan Tuhan

Ada juga definisi cinta yaitu diambil dari Alkitab bahwa cinta adalah Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Love letter – drama Korea, yang bisa dilihat di website http://www.mysoju.com/love-letter/
Suatu drama yang kebetulan pas bisa menguraikan dengan jelas mengenai keempat macam cinta. Dalam drama ini,cinta antara laki dan perempuan yang dipenuhi dengan kemurnian dan mendalam, penuh dengan tantangan antara cinta terhadap manusia dan cinta terhadap Tuhan, Cinta segitiga yang berakhir dengan kebesaran hati dua pria dalam mencurahkan kasih terhadap seorang perempuan,kasih seorang perempuan yang mendalam , memperlihatkan kasih ibu terhadap anak dan sebaliknya( storge),kasih kakak terhadap adiknya, kasih persaudaraan (Fileo) dan yang terakhir kasih Tuhan( Agape). Tuhan mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan kita, dan bukan rencana sendiri tapi yang terjadi adalah rencana Tuhan.

Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan kita seperti didalam drama ini—yaitu why me Lord, mengapa terjadi dalam diriku Tuhan ?Menyalahkan Tuhan dan berargue dengan Tuhan. Pengampunan terhadap kesalahan seseorang yang tak mudah dilakukan. Perasaan berdosa yang tak mudah dilupakan. Hanya dengan kemurahan dan kasih Tuhan semuanya bisa diselesaikan.

Tapi serahkan semuanya pada Tuhan dan berdoa dengan sungguh, Tuhan pasti memberikan jalan keluar dan jawaban doa.

 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 8 Halaman Komentar | First Prev Next Last
Om Gun artikelnya mengingat diriku saat jatuh cinta dulu, cinta monyet, cinta pandangan pertama..dan hiks yg paling apes pas 2 kli main sulapan aka cinta bertepuk sebelah tangan hahahah...tx artikelnya Om...telat bacanya nih.
Posted by: Minten | Sabtu, 7 Agustus 2010 | 05:48 WIB
Dear Chrissy, setuju banget dengan love is tender and love is tough. Some times tidak mudah untuk bisa mencintai dengan sempurna. Hanya dengan kasih dan pertolongan Tuhan, kita bisa mengasihi suami/isteri dengan sepenuhnya. Salam hangat dari Bay Area. Sudah petik cherry belum ???GBU
Posted by: Gunawan( California) | Selasa, 15 Juni 2010 | 23:50 WIB
SU, terima kasih atas doanya, sungguh menguatkan. Tak mudah menjalani kehidupan ini, tapi hanya bergantung pada Tuhan yang bisa memberikan kekuatan. GBU
Posted by: Gunawan( California) | Selasa, 15 Juni 2010 | 23:46 WIB
Dear Hatchi, kehilangan sesuatu memang menyedihkan, tapi masih banyak yang bisa dilakukan dalam kehidupan, janganlah putus harapan, karena Tuhan tahu yang terbaik yang tersedia buat Hatchi. Pengalaman anda bukanlah milik anda sendiri, sayapun pernah merasakannya, tapi Tuhan tahu yang terbaik buat saya dan saya mendapatkan yang terbaik buat pasangan saya. Sampai saat ini sudah menjalani diatas 30 tahun. GBU
Posted by: Gunawan( California) | Selasa, 15 Juni 2010 | 23:40 WIB
Also, love is tender, pak Gun. Sometimes love is tough when we need to. Kali ini romantic banget pak Gun....saya suka membaca alinea terakhir. Indah sekaleee. GBU!
Posted by: CHRISSY-USA | Minggu, 6 Juni 2010 | 01:31 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved