SENIN, 21 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiLove
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Akibat Guna-guna
Reef - Australia



Sweet Zeve/AsMods dan para pembaca KoKi dimanapun Anda berada, salam damai dari Oz,

Prolog :

Minggu kedua Oktober 2000


Kupandangi seikat mawar merah hati selembut beludru yang terpampang manis di ujung meja tepat di samping tempat tidurku. Baunya lembut semerbak, mengelus hidungku, ingin rasanya I drink all the sweetness. Bunga mawar yang masih nampak segar walau sudah beberapa hari ini menghias kamar tidurku dan menemani hari-hariku yang penuh dibuai impian nan lezat. Aku terasa terbang diawang, seikat mawar merah sebagai tanda.  TANDA .apa....??  entahlah... mungkin saja tanda..... Satu hal yang sangat pasti, those  red roses completely changed my destiny....

 



Dear KoKiers,

Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih mempercayai adanya ilmu ghaib baik yang bertujuan baik ataupun yang bertujuan negatif yang layak disebut ilmu hitam dan ilmu putih.  Masyarakat Indonesia tidak dapat dipungkri memang masih kental dengan hal-hal yang berbau klenik dan tahayul. Sebenarnya ilmu ghaib hanya ada satu macam, dan tergantung dengan tujuan masing-masing orang yang menuntut ilmu ghaib tersebut apakah digunakan untuk kemaslahatan sesama atau sebaliknya.

Ilmu ghaib rasanya masih tetap laris manis dewasa ini, banyak yang masih menggantungkan urusan duniawinya di tangan dukun atau paranormal. Masyarakat Indonesia khususnya di Jawa kental sekali dengan ritual-ritual yang mengandalkan ilmu ghaib ataupun lekat dengan upacara-upacara yang dilakukan untuk memenuhi hasrat pribadi yang kadangkala tidak masuk akal. Malah beberapa waktu lalu di daerah Jawa Timur ada upacara menikahkan kucing, dengan tujuan meminta hujan, entah apa hubungannya hujan dan menikahkan sepasang kucing layaknya manusia, but again......ini masalah kepercayaan turun temurun, yang walau sulit dinalar namun kental dipercayai dan diyakini.

Berbagai macam ilmu ghaib dari sabang sampai Merauke walau namanya betbeda-beda namun sejatinya fungsinya tidak jauh berbeda,  semua tergantung niat dan tujuannya, bahkan ilmu ghaib tidak saja popular di Indonesia namun juga di negara-negara lain seperti Afrika dan sebagian negara-negara Eropa.  Sebut saja kalau di Jawa tengah disebut Santet, maka di Jawa Barat disebut teluh atau di Bali disebut Leak dan di Afrika disebut Vodoo dan sebagianya.

Banyak sekali korban berjatuhan karena akibat santet atau teluh ataupun kena ilmu leak, namun tidak jarang juga dari pihak dukun ilmu hitampun menjadi korban keganasan massa jika mereka diketahui sebagai dukun teluh atau dukun santet yang dianggap membahayakan. Santet atau teluh dan sebangsanya memang bertujuan untuk mencelakakan korbannya dan sering membuat sang korban meninggal dunia jika tidak cepat-cepat ditolong.  Seringkali kita mendengar ataupun membaca berita baik di surat kabar atau televisi atau bisik-bisik tetangga bahwa di daerah anu lagi-lagi terjadi pembunuhan atas seseorang yang dituduh sebagai penganut ilmu hitam,

Selain ilmu santet atau teluh, ilmu hitam lain yang ramai menjadi berita yaitu pelet atau guna-guna. Guna-guna mempunyai banyak jenis dan nama tergantung nama daerahnya, di daratan Inggris, ramuan guna-guna atau pelet yang mujarab popular dengan nama Love Potion no. 9. Ilmu guna-guna ini walau kelihatannya tidak begitu membahayakan namun sejatinya juga bisa berakibat fatal. Ilmu pelet sangat popular di daerah-daerah tertentu. Anak muda yang sedang kasmaran jika cinta ditolak oleh sang gadis pujaan, maka pelet akan bertindak dan konon sang gadis yang semula acuh tidak acuh mendadak berubah seratus delapan puluh derajat menjadi cinta setengah mati. Gandrung dan terkinthil-kinthil berat.

Biasanya ilmu pelet ini bisa dipelajari oleh siapa saja, sang guru hanya memberi jampi-jampi khusus dan berbagai petunjuk dan persyaratannya. Ilmu pelet atau guna-guna ini tidak saja digunakan oleh orang yang sedang kasmaran namun juga sering digunakan oleh suami atau istri untuk mempelet sang pasangan sehingga suami atau istri cintanya akan mutlak untuk pasangan resminya. 

Di salah satu web site Expat, ada  cerita seorang expat yang tinggal di Bali dan beristrikan orang Bali, mengaku merasakan cinta yang sangat kuat terhadap sang istri yang dianggap diluar kewajaran, setiap detik dimanapun dia merasa tidak betah, inginnya selalu bercinta terus dengan istrinya. Beberapa lama kemudian si Mister bule baru menyadari kalau dirinya diguna-gunai dengan ilmu Leak oleh istrinya. Ilmu guna-guna yang dipakai oleh pasangan suami istri maupun jejaka yang ditolak cintanya, semuanya berangkat dari akar ilmu hitam oleh karenanya sangat dilarang keras di dalam agama.

Dear KoKiers,

Tahun 1994, peristiwa yang kuanggap sangat luar biasa pernah terjadi di dalam kehidupanku, yang kalau digambarkan hampir mirip dengan guna-guna, walau tentu aku tidak bisa memastikan apa sebenarnya yang kualami saat itu...here the story....

Flash back
Jakarta 1993-1994


Wajahnya biasa saja, tidak ada yang istimewa,  not my kind of type at all to say the least. Sikapnya pun terkesan acuh tidak acuh terhadapku,  dan dari awal tiada rasa ketertarikan dalam hatiku untuk bercita-cita suatu saat aku akan menjadi kekasih laki-laki ini. Bulan-bulan pertama perkenalan kami, tiada keistimewaan apapun, kami hanya berteman sangat biasa, jika ketemu di kantor paling banter hanya ber-hai-hai saja. Jarang sekali ngobrol lebih dari dua kalimat. It seemed we were a century apart.  Eloe-eloe, gue-gue. Keadaan ini berlangsung selama beberapa bulan sampai akhirnya entah kenapa, segala gerak geriknya ujug-ujug demikian menarik di mataku, senyumnya yang semula biasa saja mendadak sangat istimewa, tertawanya yang renyah yang semula tidak merdu sedikitpun mendadak jadi seperti musik, permainan gitarnya semakin bermagnit.  Weeeeeee lha dalah...tenan.

Aku jujur malu mengetahui hal ini, namun gejolak rasa di hati demikian strong and became stronger. Sampai to the level, aku mendadak rajin tersenyum dan menyapa ramah, dan aku semakin menemukan berbagai alasan untuk berlama-lama ngobrol dengannya dengan pura-pura membicarakan tentang lagu atau group band yang lagi trend saat itu, kami mulai akrab, in a sense, sering aku menemukan diriku hanya berdua dengan dia hanya semata-mata ingin mendengarkan lagu Wild World nya Mr, Big  atau When I see your smile nya Bad English keluar dari mulutnya dan makin kasengsem dengan jemari tangannnya yang piawai memainkan senar gitar. Oh no....too late  ketika aku menyadari kalau aku benar-benar gandrung dengan cowok ini, sebut saja Budi. 

Dan rupanya si dia paham sekali betapa aku sudah gandrung, dia mulai memasang jerat manisnya dan semakin memasuki kehidupanku selanjutnya.  Aku semakin terbenam dengan janji-janji super manis, Aa Budi.  Kata-katanya yang selalu sugar coated mampu meluluh lantakkan pertahanan hatiku, dan tanpa protes aku berkata  'ya" aku sanggup jika suatu saat si Aa Budi melamarku untuk dijadikan istrinya. Duh ...........siapa yang tidak terbuai mesra....??

Namun apa mau dikata, serapi apapun rencana yang ada di kepala, jika Tuhan belum berkehendak, maka rencana tersebut tiada akan terwujud. hanya tinggal menunggu hitungan bulan, rencana pengesahan hubungan kami memperoleh status terhormat sebagai suami istri,  ujug-ujug tanpa sebab dan akibat, si dia memutuskan dengan sangat telak, aku megap-megap.... sesak dada ini.  Saat itu kami memang tinggal berjauhan, aku tetap di Jakarta, sementara si dia berhubung dapat pekerjaan sebagai PNS di sebuah pulau kecil di Sumatra, harus memulai tugas dinasnya di pulau tersebut.

Sudah sekitar tujuh atau delapan bulan kami terpisah oleh jarak. Telpon-telpon yang at least tiga hari sekali dan surat yang rajin menyambangi penuh dengan kata-kata asmara yang rutin kuterima seminggu sekali  mendadak terasa lain dan api cinta di dada was getting cold, setidaknya dari pihak dia, sementara aku masih seratus persen mutlak untuknya. Inilah kekuatan rasa cinta yang kemudian kusadari sangat di luar batas sampai aku hampir tidak bisa mengatasinya, at least saat itu.

Ketika on the fateful siang, aku terima suratnya yang dengan gamblang mengatakan bahwa hubungan kami sudah berakhir karena dia sudah tiada rasa cinta lagi dan jujur mengakui bahwa sudah mendapat gantinya di pulau kecil sana. Aku langsung lemes kaki terasa tiada mampu menopang tubuhku yang mulai limbung, dan air mata mulai mengalir deras, dari siang sampai siang hari berikutnya dan berminggu-minggu kemudian....What the hell I was getting myself into.............? Hatiku terkoyak, hatiku merintih , hatiku terluka....parah, berkeping-keping. Keluarga ikut panik, rencana pernikahan bubar kandas..ndas....rasa malu dan sakit tiada terkira, dunia mendadak hitam, langit serasa mau ambleg. 

Dan perih pedih ini masih sangat 'raw' ketika akhirnya kami bertemu dan membahas masalah ini, konon, yang menulis surat putus tersebut adalah sahabatnya, tiada cewek di hatinya, walau hal ini tidak mampu membuat hatinya luluh untuk tetap bersamaku. He made his mind up. Putus.  No marriage plan, no more. Alasan : belum siap menikah.

I pulled myself together dan setelah tuntas licking my raw wound, aku bertekat meneruskan hidupku yang sempat terkoyak, dalam masa-masa inilah, ada beberapa orang (teman sekantor) yang akrab dengan kami berdua sebut saja G,  yang karena tidak tega melihatku begitu rapuh membuka rahasia yang membuatku hampir terjengkang.............! Menurut pengakuan G ini, bahwa jauh sebelum aku terkintil-kintil dengan si Aa Budi,  si Aa  ini rajin melakukan ritual khusus, dan berhubung si Budi ini sering nginap di rumah G, maka dia tahu banyak termasuk betapa si Aa itu beberapa kali menyebar beras kuning dan menanyakan nama lengkapku dan lain-lain yang berhubungan dengan data diri, yang tentu saja tujuannya disinyalir untuk mempelet aku,  And did he do.

Cerita mengenai luluh lantaknya aku sampai depresi pernah aku tulis di KoKi jadul yang berjudul Asmara Berdarah. Tidak heran jika aku sampai tergila-gila sangat luar biasa dan ketika dia memutuskan secara menyakitkan, duniaku serasa kiamat. Entahlah apa kah revelation itu benar atau tidak yang jelas saat itu juga aku langsung bertekat bangkit dan melanjutkan hidupku. Walau untuk menemukan kembali cintaku yang hilang aku harus menunggu cukup lama dan membiarkan diriku berselimut sunyi dan sepi dan hati tertutup rapat untuk kaum Adam. Aku bisa hidup tanpa lelaki....janjiku saat itu, namun, I was wrong very wrong......

Epilog :

Awal November 2000

 
Dering telpon di pagi buta suatu hari di akhir tahun 2000 itu begitu mengejutkanku, baru saja aku selesai menunaikan sholat shubuh dan hendak kembali ke peraduan, namun dering telpon yang nyaring membuyarkan rasa kantukku.
 
Ipar  :  "Apa kamu masih berhubungan dengan si Paijo?" Tanyanya dengan nada sedikit kuatir. Setelah berbasa-basi sejenak.

Reef  : "Iya, ada apa...??? apa ada hubungannya dengan telpon di pagi buta?" Tanyaku. Rasa curiga segera menyelimuti sanubari

Ipar  : "Heeeeeeem, sebaiknya jangan diteruskan...berbahaya...!" Katanya berhati-hati.

Reef  : "Whaaaaaaaaaaaatt....Mengapa...??" Suaraku sedikit meninggi.  sangat defensif. Dada terasa sedikit sesak.

Ipar :"Heeeeeeeem, aku kasih tahu ya...tapi kau jangan tersinggung, eeeeer...eeeeeer...laki-laki itu menurut Pak A (sebut saja demikian) tidak cocok untukmu....."

Reef : "Oh ya...??? maksudnya....???" Tanyaku. Rasa tidak senang segera merayap di pembuluh darahku.

Ipar  : "Heeeeeeeem..begini, dia itu lelaki yang berniat jahat kepadamu...!" Suaranya pelan, ada sedikit nada kekuatiran di sana.

Reef  : " Oh ya..? dari mana Mas  tahu..? ketemu saja belum pernah..!" Nada jengkel keluar dari mulutku. Sungguh tidak bisa kusembunyikan lagi.

Ipar  : "Kau sedang diguna-guna oleh si Paijo....!" Katanya dengan hati-hati

Reef  : "Aaaaaaaapppaaaaaaaaaaaaa..? guna-guna...???? Mana mungkin ada bule yang main guna-guna segala..it doesn't make any senses at all!" Aku hampir memekik.

Ipar  : "Maaf..Dik, tapi bukankahh kau kan pernah bilang kalau si Paijo ini beberapa waktu lalu mengirim seikat bunga mawar merah...?"

Reef  : "Iyaaaaaaa memangnya kenapa..??" Aku makin sewot. Maklum sedang gandrung-gandrungnya sama si Paijo.

Ipar  : "Guna-guna itu dikirim lewat bunga mawar tersebut...!"

Weeeeeeeeeeeksssssss......aku benar-benar tersedak kali ini. Namun.....
 
Belum selesai dia berbicara, rasa marahku lenyap in the thin air, aku tertawa terbahak-bahak.

Kupandangi seikat mawar merah bak beludru yang beberapa waktu lalu di antar dari salah satu Florist dari Grand Hyatt, kiriman dari Paijo sebagai tanda berkenalan resmi....?? Guna-guna....??

Aku segera menutup pembicaraan dan kembali mblungker di bawah selimut, bayangan si Paijo melambai-lambai nun jauh di atas sana. Kupandangi sejenak fotonya yang tersender manis di sisi bunga mawar merah, ah begitu memukau....



Salam manis,

Reef Australia.

 

 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 11 Halaman Komentar | First Prev Next Last
mmg ya laki2 itu menyebalkan, aku pernah mengalaminya reef..
Posted by: ganesha_yasmin | Selasa, 2 Februari 2010 | 16:20 WIB
Lah, bukankah cinta itu sendiri adalah 'guna-guna' yang dikirim dalam bentuk mawar merah? Salam!
Posted by: Flores | Rabu, 13 Januari 2010 | 21:45 WIB
emang jaman gini msh ada guna2 ya?
Posted by: Sang Pengelana | Senin, 11 Januari 2010 | 14:49 WIB
bisa lewat sms ga guna-gunainnya mba? serem kali ya kalo bisa hihihi
Posted by: rosonezz | Kamis, 7 Januari 2010 | 18:11 WIB
Seikat mawar merah, so sweet and unforgettable...
Posted by: Ariana | Kamis, 7 Januari 2010 | 08:52 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved