RABU, 23 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiInfo-Pedia
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Nama-nama Orang Spanyol
Farvel - Spanyol

 

 

 

Apalah arti sebuah nama? Sering sekali kan orang-orang mengatakannya. Hmm. .bagiku nama adalah sangat berarti. Untuk memberikan nama pada seorang anak saja harus ada acara potong-potong-an, ya potong babi-lah, potong ayam-lah, juga potong kambing.. asalkan jangan potong bebek angsa saja ya? Hehe..

Sekarang mari kita menilik nama-nama orang Spanyol, negaranya si Javier Bardem itu lho.

Nama orang-orang Spanyol biasanya diambil dari nama orang-orang suci yang ada di Alkitab, tidak heran karena orang Spanyol adalah pemeluk agama Katolik. Lihat saja orang-orang Indonesia yang beragama Katolik pasti nama mereka selalu diawali dengan nama orang-orang suci atau Santo.

Dari nama-nama Santo itu ada hari perayaannya juga lho, misalnya nama : 

  • José dirayakan setiap tanggal 19 di bulan Maret
  • Juan dirayakan setiap tanggal 24 di bulan Juni
  • Almudena dirayakan setiap tanggal 09 di bulan November
  • Teresa dirayakan setiap tanggal 15 di bulan Oktober
  • Dll.

Biasanya perayaannya sama seperti acara ulangtahun jadi memang dirayakan dan memberi kado juga. Pokoknya bagaimana merayakan ulangtahun yah begitulah perayaan nama Santo tsb. Makanya setiap orang mempunyai perayaan dua kali dalam setahun. Ulangtahun dan hari Santonya, so dapat kadonya dua kali deh dalam setahun.

Cara pengucapannya sih berbeda, contohnya kalau seseorang sedang ulangtahun kita ucapkan: Feliz Cumpleaños atau Felicidades atau Enhorabuena yang bahasa londonya Happy Brithday. Namun, kalau hari nama Santo kita hanya mengucapkan: Felicidades atau Enhorabuena yang bahasa Indonesianya adalah Selamat!

 



Nama-nama mereka juga sangat panjang karena marga ayah dan marga ibu diikut sertakan dalam penulisan disebuah nama. Marga ibu selalu di tempatkan dibagian akhir.

Contohnya:

1: Juan Manuel García Martínez
Berarti namanya adalah Juan Manuel, marga ayah adalah Garcia dan marga ibu adalah Martínez.

2. José Maria Gonzáles Pérez
Berarti namanya adalah José  Maria, marga ayahnya adalah Gonzáles dan marga ibunya adalah Pérez.

3. Maria josé Jiménez Vázcez
Berarti namanya adalah Maria josé, marga ayahnya adalah Jiménes dan marga ibunya adalah vazcez

Begitu seterusnya..

Oh iya KoKiers setiap membedakan nama, apakah seorang wanita dan pria sangat mudah.

Contoh diatas yang no.2 adalah nama seorang pria walaupun ada nama wanitanya yaitu Maria, perlu diperhatikan adalah nama yang awalnya yaitu José.

Contoh nomor.3 adalah nama seorang wanita karena nama awalnya adalah Maria. Jadi selalu diperhatikan nama pertamanya..jangan salah ya..hehe.

Mengenai marga ibu yang ikut ditulis didalam penulisan nama, kalau menurutku sih bagus juga ya karena ibu kan berperan juga dalam menurunkan sebuah generasi. Jadi kalau kelak aku punya anak, margaku Lubis ikut juga ditulis. Boleh berandai-andai kan? Andaikan itu terjadi kelak nama anakku: Álvaro Parulian Jordán Lubis. Wah..coba apa nggak keren tuh.

Gimana KoKiers masih boleh dilanjutkan? Belum mumet kan?

Lanjuut:


Orang-orang Spanyol kadang-kadang memberikan nama anaknya sama dengan nama orangtuanya atau nama kakek, nenek atau buyutnya, katanya sih untuk peng- hormatan. Padahal kalau kita orang Indonesia kan pantang nama orangtua atau buyut disebut-sebut, betul nggak?

Contohnya lagi ya..misalnya kalau nama ayahnya José Fransisco terus kalau punya anak laki-laki namanya José Fransisco juga atau kalau nama ibunya Ana Maria kalau punya anak perempuan namanya Ana Maria juga..hehe lucu ya..Sama juga sih dengan orang Amerika, tapi kalau orang Amerika suka ditulis I dan II contohnya anaknya alm Jacko: Prince I dan Prince II atau senior untuk sang ayah dan junior untuk sang anak, KoKiers tahu kan contohnya siapa?

Orang Spanyol juga biasanya mempunyai dua nama disamping marga ayah dan ibu jadi kebayang kan panjangnya nama mereka, untung cukup di baris kolomnya ijazah hehe.

Namun mereka acapkali memanggil dengan menyingkat nama panjang tersebut, misalnya:

   1. Maria Teresa biasanya disingkat dengan Maite
   2. Juan Manuel biasanya disingkat dengan Juanma.
   3. Juan José biasanya disingkat dengan Juanjo
   4. Luis Miguel biasanya disingkat dengan Luismi.

Makanya aku bingung juga dengan perilaku orang-orang Amerika Latin atau orang-orang Colombia, Mexico, Cuba, dll yang memanggil nama seseorang dengan panjang dan lengkap seperti telenovela-telenovela yang dulu sedang marak ditanah air. Misalnya namanya Maria Marcedes terus dipanggil sesuai nama panjangnya itu. Masih ingat gak KoKiers? Sst masih ada nggak sih telenovela di tanah air?

Padahal kalau kita kan suka menyingkat-nyingkat nama. Sama seperti orang Spanyol. Misalnya nama Fernandes pasti kita pangil “Fer” benar kan? Atau Novita trus kita panggil “Nov”. Ribet aja manggilnya panjang-panjang. 

Makanya kebiasaan orang Indonesia sepertinya sama deh dengan orang Spanyol, aneh ya kok tidak sama dengan kebiasaan orang Amerika Latin, kan mereka negara jajahannya. Perilaku orang-orang Amerika Latin tsb mungkin juga dipengaharui dengan orang Amerika kali ya karena mereka kan lebih dekat dari negara Spanyol. Tidak tahu juga ah, ini perlu dijawab oleh KoKiers Amerika.

Karena pengulangan nama-nama itulah membuat nama-nama orang Spanyol selalu berkutat itu-itu saja alias sama. Mereka juga sangat fanatik dengan nama-nama asli mereka dan jarang sekali memberikan nama anak-anaknya dengan nama-nama orang asing a.k.a. diluar negara Spanyol.

Makanya tidak heran kalau kita menjumpai beberapa orang dengan nama yang sama baik itu teman satu pekerjaan ataupun tetangga. Karena namanya itu-itu saja diulang ulang, tidak punah sih jadinya tapi kalau menyimpan di HP suka bingung juga karena punya teman 5 atau lebih tapi namanya sama satu dengan yang lain. 

Sama juga seperti orang Indonesia, aku ingat punya teman yang bernama Juli ada 7 orang, nama Dewi (hihi sorry KoKiers yang bernama Dewi) ada lebih dari 10, sering bingung menyimpannya di dalam HP jadi aku suka buat embel-embel dibelakangnya dengan “code” supaya memudahkanku untuk membedakan diantara nama-nama sama tersebut. 

Misalnya untuk Juli aku tulis Juli “wartel” karena dia kerja di wartel terus Juli “imut” karena dia imut, begitu seterusnya. Jahil ya Farvel..

 



Sst ............ nama mamak moderator kita keren ya..Zeverina..nggak pernah tuh aku berjumpa seseorang dengan nama itu, so cool Z.

Seperti halnya orang Indonesia yang punya nama umum juga contohnya yang diatas tadi itu, orang Rusia kalau tidak salah nama pria umumnya adalah Vladimir dan Sergey (benar gak sih KoKiers Rusia?), orang Perancis nama pria umumnya adalah Christophe dan Jean Pierre, orang Denmark nama pria umumnya Henrik selanjutnya ditambah dari KoKiers yang bertempat tinggal dinegara-negara lain ya…

Nah nama-nama orang Spanyol pada umumnya adalah: 

Untuk nama prianya:

   1. Antonio
   2. José
   3. Manuel
   4. Francisco
   5. Juan
   6. José Antonio
   7. David
   8. José Luis
   9. Jesus
  10. Javier

Bisa dilihat disini: http://www.tebytib.com/gest_web/proto_Seccion.pl?rfID=115&arefid=1430


Untuk nama wanitanya: 

   1. Maria Carmen
   2. Maria
   3. Carmen
   4. Josefa
   5. Isabel
   6. Maria Dolores
   7. Ana Maria
   8. Francisca
   9. Maria Pilar
  10. Dolores

Bisa dilihat disini: http://www.tebytib.com/gest_web/proto_Seccion.pl?rfID=115&arefid=1461

Dengan nama-nama diatas bukankah memang nama sangat perlu dan penting jadi tidak benar kan dengan ucapan : “apalah arti sebuah nama”. Sedangkan binatang peliharaan kita saja mempunyai nama. Orang utan di tempat penangkaran Bukit Lawang, Sumatera Utara sana juga mempunyai nama lho.

Jika Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, maka manusia mati meninggalkan nama selain utang bagi yang punya utang tentunya hehe.

 



Untuk KoKiers yang lagi hamil bisa tuh mengambil nama-nama yang diatas, gratis kok.

Oke deh aku sudahi saja tulisanku ini ya takut para KoKiers kepalanya jadi mumet dan ngantuk hehe lain kali aku akan tulis dengan tema lain. 

 

Note: Pengucapan untuk huruf ---  J: diucapkan h, dan V diucapkan b.

 

 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 19 Halaman Komentar | First Prev Next Last
Hahahaha benar bang Iwan.....
Posted by: farvel | Sabtu, 5 Desember 2009 | 01:14 WIB
Kalau gitu kita panggil William Shakespeare anjing gila aja ya... Apalah arti sebuah nama? Tul 'gak vel?
Posted by: IWAN SATYANEGARA KAMAH | Sabtu, 5 Desember 2009 | 00:23 WIB
penyair William Shakespeare terkenal dengan satu ungkapannya, “apalah arti sebuah nama”. Sedang Bung Karno dengan tegas mengatakan, “nama adalah segalanya.”
Posted by: farvel | Sabtu, 5 Desember 2009 | 00:15 WIB
Hahaha kurabasakumuternyatarata...wah gak punya duwit dong km hahahaha
Posted by: Suika.Cantik | Jumat, 20 November 2009 | 14:38 WIB
**Walankekek: Jangan balas2 dendam donk yg enak balas surat kali ye hahaha...thx sudah mampir dan selamat berkarya juga....
Posted by: farvel | Rabu, 18 November 2009 | 23:30 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved