JUMAT, 18 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
Kolom Seni
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Pagelaran Musik dan Seni Indonesia
Yuka-Kobe

Hullaaaa mas Dad, Te dan Kokiers, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat-sehat selalu yah. Kali ini Yuka akan menulis sedikit cerita tentang kegiatan para Pelajar Indonesia( Mahasiswa) yang berada di Kobe, Jepang, Kegiatan yang diberi Tema IJACEF ( Indonesia-Japan Angklung, Culture dan Education Festival).

Minggu, 11 Desember 2011. Persatuan Pelajar Indonesia Kobe (PPI Kobe) yang bekerja sama dengan PPI Korda Kansai,Konsulat Jenderal Republik Indonesia,Osaka-Jepang dan Garuda Indonesia mengadakan kegiatan ilmiah mengenai sistem pendidikan berkarakter Jepang, Sedangkan kegiatan budaya  IJACEF adalah pagelaran seni tari Indonesia, musik tradisional Indonesia dan lain sebagainya.

KoKiers, Keinginan para Pelajar/Mahasiswa Indonesia di Kobe untuk ikut serta secara aktif memberikan sumbangsih pemikiran pada bangsa Indonesia mengenai bagaimana membuat sistem pendidikan yang berkarakter. Contohnya, seperti Jepang yang telah membangun sistem pendidikan berkarakter dengan tidak meninggalkan akar budaya bangsanya sendiri di tengah arus modernisasi dan demokrasi.

Para mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang, khususnya Pelajar di Kobe, juga menggalang dana untuk membantu anak-anak putus sekolah, dan menjadi orang tua asuh bagi mereka. KoKiers bisa melihat di website  http:/www.tunas-indonesia.org.

Itulah sebagian tema yang diulas dalam acara ini. Acara ini sendiri dihadiri tamu-tamu  dari Jepang serta tamu asing lainya...sedangkan bahasa yang dipakai untuk acara ini adalah bahasa Jepang-Inggris.

KoKiers, itulah rasa cinta dan kepedulian para pelajar di Kobe kepada nilai-nilai tradisional Indonesia. Jadi dengan semangat 45 para Pelajar Indonesia saling bahu membahu, dengan tujuan ingin memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Para mahasiswa Indonesia juga memperkenalkan musik angklung yang dimainkan oleh Pelajar Indonesia dan juga dari sekolah dasar Jepang. Tidak ketinggalan orang-orang Jepang asli turut berperan serta  memainkan musik yang terbuat dari bambu ini. Lagu terfavorit yang dipertunjukkan mereka adalah Bengawan Solo dan Rasa Sayange.

Bapak Konjen Osaka turut berpartisipasi untuk berduet menyanyikan lagu Bengawan Solo yang diiringi dengan alunan musik bambu itu.

Yups KoKiers, yang juga ingin Yuka ceritakan di sini adalah tentang tari Likok Pulo. Tari Likok Pulo ini dipersembahkan oleh para bidadari Kobe (Pelajar Indonesia). Tari Likok Pulo yang berasal dari Aceh ini lahir sekitar pertengahan abad 19, diciptakan oleh seorang ulama dari Arab yang hanyut di laut dan terdampar di Pulo Aceh.

Tari ini dilakukan sesudah menanam padi atau sesudah panen,yang pertunjukannya dilangsungkan di malam hari. KoKiers dapat melihatnya bagaimana lihainya para bidadari-bidadari Pelajar Indonesia. Maaf untuk tari ini Yuka nggak sempat mengambilnya karena ada tugas lain. Tapi KoKiers tetap bisa menikmatinya video di bawah ini:

Dan satu lagi tarian dari Propinsi Riau, yaitu Tari Rentak Bulian. Para penarinya  khusus didatangkan dari Riau.

Tari rentak Bulian merupakan ritual pengobatan yang diambil dari kata Rentak, yang berarti Melangkah dan Bulian yang berarti tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus. Tarian ini sangat kental dengan nuansa magis.

Selama menari, tubuh penari harus dalam kondisi sehat, karena akan menjadi media penolak bala oleh para mahluk gaib. Biasanya para penari pria akan berada dalam keadaan setengah sadar pada akhir puncak tarian dan akan memecahkan mayang pinang sebagai media pengobatan dengan merentak mengelilingi para penari perempuan lainnya

Oh iya KoKiers acara ini juga diramaikan dengan suasana meriah bazar makanan dan pernak pernik khas Indonesia. Untuk acara ini Yuka juga lupa mengambil fotonya...hihihi

KoKiers itulah sedikit tulisan Yuka dan sebagian lagi Yuka rangkum, “kebetulan suami yuka diberi kepercayaan untuk menterjemahkan buku panduan ke dalam bahasa Jepang. Jadi yang berkas bahasa indonesianya Yuka comotin sedikit untuk menambah jumlah paragraf dari tulisan Yuka..hiahaha....curang...!!!! Gubraaakk dechh!!

Di akhir kata, selamat menikmati foto-fotonya semoga berkenan.

Salam hangat selalu dari Kobe

Yuka

NB:

Untuk Bapak ZL maaf videonya saya comot dari youtube... huehehe, Selamat juga atas kelulusann pak ZL, semoga bisa menjadi Teladan untuk banyak orang,dan selamat menjalankan kembali tugas di Tanah Air..Ganbatte kudasai!!

Bulian                  : Sejenis rumah-rumahan atau pondok untuk tempat ritual                                           Mayang Pinang : Pohon pinang dan diukir motif melayu


ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 3 Halaman Komentar | First Prev Next Last
Artikel yg bagus mbak, jgn byk protes ma Dad haha... Tar kalo dad ngambek, repot *peace dad :)
Posted by: funkeykey | Rabu, 21 Maret 2012 | 21:56 WIB
Maz Dad..yuka mau protes nich..hiahaha..AMPUNN!! jangan di getok..itu video yg dipasang kok yg lagi latihan...hihihi
Posted by: Yuka-Kobe | Rabu, 21 Maret 2012 | 18:31 WIB
Terima kasih juga untuk Kokiers yg sudah meluangkan waktu untuk meninggalkan koment..@ Bang Vids terima kasih banyak sudah meninggalkan koment..insyaallah semoga lancar terus...@ SU..hiahaha yuka pan yg ngambil gambar....thank juga ..@ BangRajawali..terima kasih sudah mampir... @ Mamanya Alma dan Alam..MuaccHH nechh yuka kasih kue pukis..hihihi..aichh itu jempol udh dicuci apa belon? wkwkwkwk.. thank yach say..@ SIrpa, Duunggg..thank juga sudah menyempatkan diri untuk berkoment..yups PPI Kobe aktif..apalagi sering ditanggep..hihihi..`@ Miawww..toppsss decchh!! thank u juga...@ Caridaki..Abaayy..sinih yuka pentungin dengkul abang..wakakak..uppssstt..thank u juga abanggg!!..@ Babangg Alimuachh..yihaaa dapat pertamax..hadiahnya sarung samurai..hihihihi..thank u babang sudah menyempatkan untuk berkoko ria..Zelingkuhan yuka mah cuma satuu..uppsstt buka kartu dechh...HANYA satu KOKI..Yihhaaaaaaaaaaaaaaa!!
Posted by: Yuka-Kobe | Rabu, 21 Maret 2012 | 18:30 WIB
Ohh...udh mejengg ternyata..thank u buat moderator dan rekan2nya atas dimuatnya oret2 yuka..hatur suwunn!!
Posted by: Yuka-Kobe | Rabu, 21 Maret 2012 | 18:21 WIB
itu tuh Yuka yang Ceking Semampai Langsing kaya Angklungnya....gegege
Posted by: Caridaki | Selasa, 20 Maret 2012 | 12:33 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved