SABTU, 19 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiUrban
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Tergoda Geliat Tari Perut
Reef - Australia

 

 

Sweet Zeve/AsMods/Detikers dan KoKiers dimanapun Anda berada, salam damai dari Oz,

Ilustrasi :

Wanita cantik nan sexy tersebut tengah menggeliat sensual mengikuti irama musik padang pasir yang mendayu  magis dan eksotis, gerakan ritmik sang penari lebih mengarah ke bagian tengah torso terutama bagian perut, makin lama makin cepat dan dengan ritmik tertentu. Titik-titik keringat mulai menetes membasahi tubuh sang penari makin membuat sensualitasnya. Senyum lebar tersungging di wajahnya dan mata hitam nan tajam menggoda seductive, ketika tubuhnya kiat ritmik menggeliat, penonton seolah makin terhipnotis...rasanya ingin tetep duduk ditempat forever...never can't get enough

Dear KoKiers,


Geliat tari perut belakangan ini makin marak di bumi pertiwi  khususnya di kota besar seperti Jakarta dan Denpasar. Dan geliat nan sensual ini rupanya mampu membuat ratusan kaum wanita  Indonesia  khususnya kalangan menengah ke atas terpikat untuk mempelajari tari perut yang selain ritmik sensual juga menyehatkan badan.  Bahkan goyang geliat tari perut sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Rupanya pesona ini juga yang sangat menarik kaum wanita untuk semakin bergairah mempelajari tarian sensual ini. Lebih-lebih setelah Shakira penyanyi asal Amerika keturunan Lebanon makin melambungkan tari perut ke seluruh dunia lewat goyangan sensual di beberapa video klipnya. Sebut saja video klip yang melambungkan namanya Whenever Wherever.

Menurut berbagai berita on line, seperti Kompas.com maupun Okezone, diberitakan bahwa di Denpasar  atau tepatnya di Nusa Dua Bali, saat ini tengah berlangsung festival tari perut. Festival yang lumayan banyak menyedot perhatian dari berbagai negara. Bahkan ratu tari perut dunia dari Amerika Jillina dan rombongan menyempatkan diri ikut serta memeriahkan festival belly dancing ini. Bali menjadi tuan rumah rangkaian festival tari perut bertajuk Asian Belly Dance Festival 2010, yang berlangsung 25-28 Februari, di Ayodya Resort, kawasan wisata Nusa Dua.

Menurut sumber yang layak dipercaya dikatakan bahwa banyak  orang Amerika Serikat serta Eropa yang ter-obsesi dengan perut kencang dan rata.  Dan salah satu cara yang tepat dan cepat adalah dengan belly dancing. Tarian itu segera menjadi trend dunia karena mereka mengetahui aktivitas itu membuat orang langsing juga membuat perasaan wanita menjadi sensual, point ini juga yang diburu oleh wanita. Siapa pula yang tidak ingin merasa sensual dan seductive seperti Shakira misalnya.

Festival tari perut di Nusa Dua itu, ternyata banyak peminatnya, yakni mencapai 230 dari berbagai negara. Mengingat antusiasnya peserta itu, festival tersebut kembali akan digelar di Bali di tahun-tahun mendatang. Dan di Indonesia sendiri kabarnya komunitas tari perut yang asalnya dari Timur Tengah itu di dunia sudah mencapai hampir mendekari 40.000 orang. Ini baru revelation..

Sementara maestro tari perut Indonesia Suzanna Tibble seperti nyang aku kutip di salah satu media on line,  mengatakan bahwa peminat tari perut di Indonesia sudah mulai banyak. Bahklan di Jakarta peminatnya semakin banyak dengan munculnya sejumlah sanggar. Belly dancing bukan bermakna negatif lagi saat ini. Menurut dia, tidak sedikit dari penari asuhannya yang pindah haluan dari tarian modern ke tari perut. Karena itu ia menegaskan bahwa tari perut sudah menjadi ikon kelas menengah di Indonesia.

 



Bagaimana di Austalia sendiri...??

Dear KoKiers,

 
Kurang lebih limabelas tahun terakhir,   belly dancing juga cukup naik daun di Australia.  Rupanya demam belly dancing tidak hanya dari benua Amerika dan Eropa saja namun juga melanda negeri Kangguru. Bermula dari akhir tahun 70an sampai tahun 80 an ketika banyak immigrant dari negara-negara Timur Tengah membanjiri Australia, terutama dari Mesir dan Lebanon, juga Syria, yang mempopulerkan belly dancing dalam acara-acara festival mereka kepada masyarakat setempat.  Gerakan-gerakan ritmik, sensual sekaligus enerjik, dan kostum yang memikat aduhai, dan kental nuansa etnis plus iringan musik padang pasir yang mendayu dan eksotik,  menerbangkan khayalan pendengar dan penonton ke suasana pekampungan suku Bedouin di tanah Arab, lambat laun menarik minat penduduk lokal, dan sampai saat ini ternyata lumayan popular. 

Seperti di Indonesia, Tempat-tempat kursus bermunculan bak jamur di musim hujan, dan cukup banyak pula diminati masyarakat dari segala umur. Jenis belly dancing yang diajarkan di Australia, lebih cenderung belly dancing yang seperti ditampilkan di night club-night club yaitu yang telah disesuaikan dengan fantasi Hollywood yang lebih erotik dan suggestive, namun tak urung pula ada yang masih mengikuti konsep aslinya yang lebih bersifat sosial dance dengan kostum yang tidak begitu terbuka dan gerakan yang tidak begitu sugggestive.

 



Di Townsville sendiri di mana aku tinggal, cukup banyak kursus-kursus yang menawarkan belly dancing, konon, menurut salah seorang peserta kursus yang kukenal, setidaknya ada lebih dari sepuluh buah, dan juga ada beberapa toko yang sengaja menyediakan kostum dan assesori belly dancing.  Dan karena suami dulu termasuk penggemar tarian sensual ini, pernah di suatu masa akupun belajar megal-megol di depan kaca menirukan gerakan video yang aku tonton, walau sekarang sudah tidak pernah megal-megol lagi,  dan nampaknya juga minat suami sudah terbang entah kemana, walau aku masih menyimpan kostum yang meriah kenang-kenangan masa lampau. Ternyata bukan hanya diriku saja yang tergoda lenggak lenggok tari perut, melainkan juga teman-teman bahkan ada beberapa teman dekat yang malah kursus  belly dancing di Townsville.

Di event-event tertentu ada beberapa restaurant di Townsville yang menyajikan tari sensual ini demi menarik minat para pelanggan. Belly dancing yang juga disebut dengan Oriental dance oleh orang Barat, atau juga Oryantal dansi dalam bahasa Turki, awalnya adalah merupakan tarian rakyat (folk dance) dalam peristiwa-peritiwa sosial, dalam bahasa arab disebut Raqs sharqi/raqs balad, yang mana tarian sosial ini ditarikan baik oleh kaum lelaki ataupun kaum perempuan segala umur, biasanya dipertunjukkan dalam acara-acara pernikahan, perayaan, atau sekedar berkumpul-kumpul antar sesama. Penari wanita lebih di kenal di Morocco, yang mana biasanya tarian ini hanya khusus untuk lingkup penonton wanita saja. Mengenai asal muasal belly dancing tidaklah diketahui secara pasti, ada yang  mengatakan dari Yunani, Mesir,  Syiria, Truki dan lain-lain.
 
Teori asal belly dancing, sebenarnya adalah lebih bersifat religi, yang mana dalam hal ini lebih ke budaya Islam. Biasanya belly dancing yang diperagakan oleh kaum lelaki khusus untuk audiens lelaki dan perempuan untuk audiens perempuan, disesuaikan dengan adanya pembatasan jenis kelamin, demikian pula dengan kostumnya yang jauh lebih tertutup.  Dewasa ini, belly dancing lebih berkonotasi dengan konsep fantasi Hollywood seperti yang telah kusebutkan di atas, yaitu lengkap dengan stereotype pakaian yang lebih terbuka dan sangat sexy dan lebih memamerkan keindahan lekuk tubuh si penari dan gerakan-gerakan sensual dan erotik. Karena bermuasal dari budaya Islam, yang berakar di negara-negara Timur Tengah, yang sebagian penduduknya adalah pemeluk agama Islam, maka tak heranlah jika ada kalangan tertentu yang agak gerah dengan stereotype ini dan menganggap morally objectionable, apalagi dengan kostum yang sexy yang tentu saja bertentangan dengan ajaran Islam dan tak heranlah jika kalangan tersebut bahkan menuntut pemerintah untuk melarang praktek belly dancing apabila sudah tidak sesuai dengan tujuan semula.
 
Banyak perempuan, khususnya  mereka yang mempraktekkan belly dancing,  melihat belly dancing  adalah sebagai tak lebih tarian khusus wanita yang diperuntukkan untuk kaumnya sebagai ungkapan rasa sensualitas dalam diri seorang wanita dan juga merasa adanya "power" tertentu sebagai seorang perempuan dewasa, as a woman's dance, celebrating the sensuality and power of being a mature woman.

Belly dancing yang pertama-tama dikenal di negara-negara Barat adalah yang berasal dari Mesir, kemudian dengan berkembangnya jaman, juga popular pula belly dancing yang berasal dari  Syria, Lebanon, dan juga Turkey. Di antara negara-negara tersebut,  belly dancing yang berasal dari Turkey lebih ekspressif dalam goyangan maupun kostumnya yang dianggap lebih berani dan menggoda.  Dengan ciri khas kostum sepasang Bra yang bermanik dan berpeyet yang biasanya berwarna keemasan, serta berbunyi criiiing...cring ...criingg jika bergoyang, demikian juga selendang/sabuk dan kerudung yang juga rame dengan assesori, belum lagi assesori rambut, gelang, anting-anting, kalung dan juga gelang kaki sebagai pelengkap, menonjolkan sensualitas sang penari. Sungguh sedap dipandang mata.

Anda tergoda...??

Note : diambil dari berbagai sumber.


Salam manis

Reef Australia

 

 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 7 Halaman Komentar | First Prev Next Last
*Ucingelo, Linda, Iif : hhelooooooo sory telat bales...baru tahu ternyata artikel lama masih ada yg komentar, thanks banget ya sdh membaca dan atensinya....salam manis from me buat Iif, Uci dan Linda, Lind...masih di Sin kah...??? jangan lupa oleh2 ceritanya...
Posted by: jinjer fm Oz | Selasa, 9 Maret 2010 | 05:17 WIB
Hallo mbak Reef....aku sih sampe sekarang masih suka Belly dancing di depan suamiku...ha..ha..ha..ha..ha..
Posted by: iif | Sabtu, 6 Maret 2010 | 20:29 WIB
ya, tapi kalo penari belly dance perutnya rata, justru malah kurang menarik dilihat. agak2 ndut dikit, itu yg sekseh, hehehe
Posted by: lindacheang | Jumat, 5 Maret 2010 | 13:50 WIB
waaah.. saya suka sekali belly dance. pas pertama ikutan di tempat fitnes masih kaku.. pulang2 pegel seluruh badan. Gak cuma perut, pinggang, bokong
Posted by: ucingelo | Kamis, 4 Maret 2010 | 18:32 WIB
*juwita, Aimar, Cun, Lafolweis, Dch : *Juwita : yep...setuju sekali...*Aimar : kalau sbg pemula duh memang capai banget, keringat cepet banget banjir, gerakan yg dinamik kelihatan gampang, prakteknya weleh bisa bkn perut kram..*Sun : silahkan menatap fotonya Sun...tdk bayar....lihatlah sebleum kau gantian dilihat hehhehee..salam. *lafoweis : Yoi..main hulalpoh juga menekanka otot perut, sebagai dasar Belly dancing memang efektif jika pinter main hullahop....*Dch : hehehehhe..memang sexy abis Nyi, di Townsville setiap tahun di acara Cultual fest, belly dancing adalah acara yang paling dinanti sekaligus digemari....ayo Nyi..goyaaaaaaaaaaaang
Posted by: jinjer fm Oz | Kamis, 4 Maret 2010 | 02:21 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved