KAMIS, 24 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiWorld
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Wanita Cantik Berjenggot (Bagian I)
Reef - Australia

 

Dear Dad/Ta's dan KoKiers dimana pun Anda berada. Salam damai dari Oz

Ilustrasi:
Wanita cantik itu berpose setengah menantang. Ia berbaring dengan satu tangan diletakkan di pinggangnya dan tangan lainnya menyangga kepalanya yang berwajah sendu. Kedua matanya setengah terpejam, nampak begitu pasrah sekaligus mengundang.

Dengan baju model korset, bagian dada sangat ketat makin menonjolkan keseksiannya, sementara itu roknya sedikit tersingkap memamerkan pahanya yang mulus. Sekilas foto tersebut nampak normal dan wajar, seorang wanita cantik berpose sensual. Yang 'tidak' wajar hanyalah wajah sang wanita. Wajah sendu wanita tersebut lebat ditumbuhi jenggot!

Annie Jones, Annie Jones carte de visite, 4 x 2.5 inches, circa 1880 photographer’s logo stamped on reverse and signed in pencil "Miss Annie Jones Age 18yrs" photographer: Chas. Eisenmann, 229 Bowery, New York

Dear KoKiers,
Sesuai dengan hukum Tuhan, banyak hal normal maupun tidak normal yang kita jumpai dalam kehidupan di dunia ini. Ketika Tuhan menciptakan sesuatu yang normal, tidak ada manusia yang mempertanyakannya. Tetapi, ada kalanya, Tuhan menciptakan sesuatu yang dianggap tidak normal oleh manusia, banyak orang bertanya-tanya. Lepas dari ketidaknormalan itu, pasti ada hikmah yang tersembunyi.

Ketimpangan atau ketidaknormalan kondisi fisik adalah satu dari sekian banyak ketimpangan atau ketidaknormalan. Penciptaan fisik tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Kita tidak bisa memilih dalam bentuk yang bagaimana kita akan dilahirkan. Apakah akan berhidung mancung atau pesek, berkulit putih atau hitam? We simply have no choice. Kalau saja boleh memilih, sebagai perempuan, kita mungkin ingin dilahirkan seperti Angelina Jolie. Atau, bagi laki-laki, mereka ingin seperti Tom Cruise, misalnya.

Karena penciptaan fiisk diluar wewenang manusia, rasanya tidak pantas jika kita mengolok-olok kekurangan fisik orang lain yang kita anggap 'buruk'. Pepatah kuno “Don’t judge a book by its cover”, kecantikan fisik hanya sebatas kulit, pas untuk menggambarkannya.

Di beberapa daerah, ada yang menganggap kelainan fisik sebagai berkah. Tetapi ada juga yang mengganggapnya sebagai malapetaka. Ada yang wajahnya cantik atau ganteng, ada pula yang buruk rupa. Ada yang gemuk, ada pula yang kurus. Ada yang berkulit putih, ada yang berkulit hitam. Apapun kondisinya, semua wajib disyukuri.

Tetapi, ada juga yang mengganggap keabnormalan sebagai sesuatu yang unik. Bahkan, in other word, terkesan menggelikan. Apa sesungguhnya hikmah dibalik penciptaan ini? Hanya Tuhan yang mengetahuinya.

Jenggot Di Wajah Cantik
Jika kita melihat seorang lelaki, lengkap dengan kumis dan jenggot panjang, mungkin tidak aneh lagi. Hampir setiap hari, kita banyak menemukan pemandangan seperti ini. Lelaki dari sononya memang mempunyai hormon bulu jauh lebih banyak dibanding wanita. Bagi sebagian perempuan, pria berjenggot lebih menggairahkan dan terkesan berwibawa. Mereka menganggap aneh jika seorang lelaki berwajah mulus bak pualam.

Lalu, bagaimana jika yang berjenggot bukan seorang lelaki, namun seorang perempuan? Jika melihat seorang perempuan berwajah menarik, lengkap dengan kumis dan jenggot, kita tentu akan melotot dan mengucek mata, seolah tidak percaya.

Memang, kita banyak menemui perempuan yang dihiasi kumis tipis di atas bibirnya, seperti seorang pelukis legendaris terkenal dari Mexico Frieda. Di Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan penyanyi dangdut Iis Dahlia atau Astri Ivo. Mereka memiliki kumis tipis yang membuat mereka semakin manis.

Wanita berkumis tipis mungkin tampak normal. Namun, bagaimana jika perempuan berjenggot sekaligus berkumis? Is it a joke? The answer bukan sebuah joke. Ini memang benar-benar ada.

Dear KoKiers,
Menurut Wikipedia, seorang perempuan berkumis dan berjenggot adalah seorang perempuan berwajah lembut tetapi mempunyai kumis dan jenggot yang terlihat nyata. Ia jelas tidak ubahnya seorang lelaki.

Wanita berjenggot atau berkumis lebat bisa jadi akan menjadi sebuah fenomena tersendiri bahkan melegenda. Karena keunikan ini akan menimbulkan rasa ingin tahu yang besar. Bukan tidak mungkin, keunikan ini akan menjadi buah bibir, bahan ejekan atau lelucon. Dari sekian perempuan berjenggot yang tercatat dalam sejarah, yang paling popular adalah 'The Bearded Lady of Guildford'.

Kelainan Hormon
Ada sejumlah kecil perempuan yang mempunyai jenggot, meskipun sangat tipis namun jelas terlihat. Perempuan-perempuan ini banyak kita temukan di ras manapun. Di Yunani, misalnya, perempuan di desa-desa tradisional nampak maskulin dengan garis rahang tegas dan kumis tipis. Atau, wanita Sicilia yang raut mukanya mirip perempuan tradisional di Yunani. Di Indonesia sendiri banyak kita temukan perempuan dengan kumis tipis. Bahkan, kadang rambut-rambut di sekitar pipi dan leher yang merupakan cikal bakal jenggot.

Dari sekian banyak perempuan dengan kelainan hormon ini, ada di antara mereka yang memelihara kumis dan jenggotnya seperti seorang lelaki. Apa yang menyebabkan para wnaita ini mempunyai kumis dan jenggot lebat seperti laki-laki?

Munculnya jenggot atau kumis pada perempuan umumnya disebabkan adanya kelainan hormon yang disebut androgen excess. Ada juga yang disebabkan kelainan genetik langka yang disebut hypertrichosis. Kadang-kadang, pada kasus tertentu, juga disebabkan pemakaian anabolic steroids.

Perempuan berjenggot bisa jadi memang sengaja menumbuhkan jenggot maupun kumis. Tujuannya untuk menghibur masyarakat seperti yang terjadi di arena-arena sirkus di abad 19 dan 20. Sudah jamak, di dunia hiburan seperti Circus menampilkan hal-hal yang aneh dan unik untuk menarik perhatian penonton. Dari sekian keunikan, tidak jarang mereka memajang wanita berjenggot. Jika jenggot mereka palsu kemungkinan disebabkan pemakaian anabolic steroid.

Namun, yang terjadi baru-baru ini bukan di arena sirkus dimana perempuan sengaja menumbuhkan kumis dan jenggot. Kejadian ini benar-benar ada di masyarakat awam. Sekitar bulan Febuari 2010, beberapa media online maupun cetak mengabarkan seorang diplomat Arab yang membatalkan pernikahannya. Ternyata, perempuan baru saja dinikahinya diketahui memiliki jenggot!

Konon, sang diplomat Arab tersebut percaya saja ketika ditawarkan kepadanya foto seorang wanita yang kemudian menjadi calon istrinya. Disebutkan, wanita yang akan disunting itu bergelar dokter. Karena tinggal di negara Arab, wajar jika wanita tersebut mengenakan penutup wajah atau burqa. Demikian pula halnya foto yang ditawarkan ke diplomat tersebut. Prosesi pernikahan pun digelar. Selama prosesi akad nikah berlangsung, sesuai adat setempat, sang mempelai pria yang tak disebutkan identitasnya itu belum dibolehkan membuka burqa untuk melihat wajah calon istrinya.

Begitu ijab kabul sah dilakukan, mempelai pria hendak mencium wanita yang sudah resmi menjadi istrinya. Namun, dia begitu kaget ketika mengetahui wajah istrinya. "Dia memiliki jenggot dan bermata juling," katanya, seperti dikutip kanal berita Arab, Alrabiya, di Uni Emirat Arab, Rabu (10/2).

Diplomat Arab untuk Dubai itu pun buru-buru mengajukan pembatalan pernikahan. Dia merasa telah ditipu oleh mertua barunya karena kondisinya tak sesuai dengan cerita diawal. Foto yang diterimanya bukan foto istrinya. Pengadilan telah membatalkan pernikahan itu, tapi menolak pengembalian mahar sebesar 230 ribu dolar AS.

 

Edisi selanjutnya: Kisah Vivian Wheeler

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 4 Halaman Komentar | First Prev Next Last
wah, baru tau aku....
Posted by: safana | Minggu, 5 Desember 2010 | 10:23 WIB
aduh reef, betul2 berjenggot ya. bukan cuma tipis2....
Posted by: wyd | Kamis, 2 Desember 2010 | 18:32 WIB
harusnya bangga deh punya istri yg punya keunikan...bukan malah membatalkan ya....lanjut ke part 2
Posted by: wolflew | Kamis, 2 Desember 2010 | 00:33 WIB
ouuuuwwww..!!! baru liat! ya ampun... sampe bisa lebat gitu yah?? thanks Mbak Reef buat artikelnya
Posted by: Lyna - Kuwait | Selasa, 30 November 2010 | 17:42 WIB
*Nonsy : hehehhehee...kalau yg itu mah, gak asli atuh...alias aspal, kalau yang ini benar2 asli.
Posted by: jinjer fm Oz | Selasa, 30 November 2010 | 15:14 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved