SABTU, 19 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiWorld
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Makhluk Apapulakah Itu?
Sirpa - Kali Pornia 

 

Dear Kokiers,
Bila anda mendengar nada yang biasanya dikirim lewat sinyal radio telegram atau lewat lampu suar berupa   tiga buah titik titik, dilanjutkan dengan tiga buah nada / cahaya panjang,  yang terputus putus lalu diikuti pula dengan tiga buah titik titik lagi (... - - - ...). Maka bagi telinga yang sudah awam akan makna tersebut, itulah adalah pesan yang artinya  S. O. S. Di dunia kemaritiman itu adalah pesan yang amat berarti  untuk meminta  bantuan pertolongan atau tindakan penyelamatan  kepada si pengirim pesan tadi .

Saking begitu populernya  3 huruf ini, sudah mendunia. Bahkan ketika dibangku bangku sekolah pun didalam kegiatan kepanduan ( baca : ke Pramuka-an di Indonesia ). Pengenalan sandi-sandi semacam ini sudah menjadi pelajaran dasar gerakan kepanduan. Bahkan untuk mendapat kenaikkan tingkat dari Tingkat  Penggalang menjadi Tingkat Penegak, maka ketrampilan memahami Kode Morse ( Morse Code )  hasil temuan Samuel Morse pada tahun 1847, dimana ia menerima hak patent atas di istana  Beylerbeyi Palace - Istanbul ini, adalah  mutlak diperlukan oleh siswa siswi pelajar ditanah air.

Inilah  hasil temuan Samuel Morse yang fantastik tadi :

Hingga kini  singkatan kalimat  S.O.S  pun menjadi beberapa penafsiran atau backronym/ bacronym.

Ada  SOS = Save Our Souls, ada SOS = Save Our Ship, bahkan ada juga yang  SOS = Save Or Sinking.

RMS. Titanic 

Dengan menyandang nama RMS yang berarti Royal Mail Ship, merupakan kapal swasta yang sudah dipercayakan penuh oleh pemerintah Inggris untuk mengangkut mails/ surat pos lewat laut  baik itu surat-surat milik publik ataupun milik Royal / keratuan Inggris . Kisah tenggelamnya kapal penumpang Titanic, yang berangkat dari pelabuhan South Hampton - Inggris pada 10 April 1912 berangkat menuju New York, tapi sebelumnya kapal Titanic melakukan 2 kali singgah dikota Cherbourg - Perancis  dan kota Queenstown - Irlandia Selatan. Kapal yang dinahkodai oleh Captain Edward J. Smith, dengan kecepatan maksimum 21 knots atau 24 mil laut per jamnya  dan diperkirakan akan  tiba di New York lima hari kemudian setelah meninggalkan South Hampton. Bahkan sebelum kapal Titanic ini berangkat dengan penumpang sebanyak 2,220 orang ( sudah termasuk 860 awak kapal )  yang didukung oleh sekoci penolong sebanyak 20 buah , pak kapten E.J.Smith sudah menerima tujuh buah peringatan dini tentang adanya gunung-gunung es / icebergs diroute yang akan dilaluinya.

Titanic sinking

Dihari yang nahas,  Titanic menabrak gunung es pada jam 11:40 PM ( Titanic time ) pada kordinat 41  ? 46'  Lintang Utara , 50  ? 14' Bujur Barat di laut Atlantik Utara, daratan yang terdekat dengan lokasi kejadian ialah sekitar 400 mil dari Newfoundland - Kanada. Pada saat-saat genting ini pak kapten E.J.Smith memerintahkan markonis nya  ( catatan : markonis adalah operator radio yang bertugas mengirim dan menerima berita lewat radio/ telegram yang bertugas dikapal-kapal )  untuk mengirimkan berita musibah ini kepada kapal-kapal yang sedang berlayar disekitar lokasi Titanic.

Pada pukul 12:15 tengah malam, berita yang dikirim dari Titanic berbunyi sbb : " CQD Titanic 41.46 N 50.24W  "  ( catatan : CQD adalah Come Quick Disaster, yang kira-kira artinya  : Segera datang, kami dalam bahaya ! )
Pukul 12:25 ... berita kembali diudarakan : " MGY CQD, here correct position 41.46 N 50.14 W  Require immediate assistance. We have colision with iceberg. Sinking. ( catatan : MGY adalah callsign milik kapal RMS Titanic, setiap kapal laut wajib memiliki call sign ).

 

Sekitar 15 menit kemudian, diudarakan lagi  pesan-pesan sbb :

" ...MGY CQD SOS SOS CQD CQD DE MGY WE ARE SINKING FAST  ..."

Dari sekitar kira kira 20an kapal yang sedang melintas dilaut sekitar tempat kejadian, adalah sebuah kapal bernama Carpathia, yang pada waktu menerima berita SOS, masih berada sekitar 90 KM atau 50 mil  jauhnya dari Titanic. Singkat cerita  pada pukul 12:32  kapal Carpathia, merespon telegram ke RMS Titanic  :

"Putting about heading to you "

Bagaimana dengan dunia penerbangan.
Sama halnya dengan dunia maritim, maka bila ingin mengirimkan pesan meminta tolong bila ada trouble  istilah yang digunakan ialah Mayday Mayday Mayday. Didunia aviasi, Istilah SOS tidaklah sepopuler MAYDAY.
Pesawat pilot yang pesawatnya ada dalam bahaya, cukup berteriak teriak Mayday ...Mayday...Mayday sembari menyebutkan kordinat/ lokasi  kejadiannya. Dan pilotnya langsung terlontar dari kursi di cockpitnya ( bagi pesawat tempur seperti jet dllnya ), sudah barang tentu  parasutnya pun  sudah siap pakai .
Sedangkan cara pengucapanpun kata Mayday itu harus diucapkan sebanyak 3 kali, barulah dianggap sempurna oleh si penerima berita. Di Amerika, pada umumnya permintaan tolong dalam keadaan genting  sering dilakukan oleh polisi, petugas pemadam kebakaran dan pilot pesawat terbang.

Menurut Wikipedia, asal mula penggunaan istilah Mayday ... mayday ..mayday,  itu berasal dari bahasa Perancis m’aider. "Venez m'aider" yang berarti "come help me". Mungkin karena adanya mis-pronouncing  dari m'aider  tadi, kini berubah menjadi Mayday  Mayday Mayday

Terlepas dari Mayday yang sudah dikenal meluas, maka Mayday yang pernah ( dan sering )  terjadi di Indonesia ialah Mayday yang jatuh tepat pada Hari Buruh tg 1 Mei, maka hari ini lah Hari MeiDay para buruh / karyawan untuk melakukan demo ke istana negara RI atau demo di bunderan hotel HI.

Selamat membaca.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Samuel_Morse http://www.rmstitanic.net/index.php4?page=faq


 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 13 Halaman Komentar | First Prev Next Last
mayday mayday mayday....butuh sangu nih,pakde sirkusir
Posted by: sun_rise | Minggu, 19 September 2010 | 20:08 WIB
biru_kuning like this!
Posted by: biru_kuning | Senin, 13 September 2010 | 07:51 WIB
info dan cerita yang sangat berguna om sirpa, really thanks
Posted by: rosonezz | Sabtu, 11 September 2010 | 12:19 WIB
Gak bisa sandi morse bisanya sandi rumput
Posted by: lafolweis | Rabu, 8 September 2010 | 13:33 WIB
S O S ... Sirpa lOve Semua ... /// terima kasih ya teman2 atas apresiasinya salam sayang terutama buat : Nuchan, Yuka, PDD, Meong, Aloha , Bang CD , Lyna , Nonsy, Plux Farvel, Muti dan Linda Cheang
Posted by: sirpa09 | Rabu, 8 September 2010 | 08:36 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved