SENIN, 21 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiWorld
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Penduduk Asli Amerika
Sirpa - Kalifornia
 
 
Ada yang mengatakan bahwa sekitar 20, 000 tahun yang lalu bahwa penduduk asli Amerika itu berasal dari benua Asia ( keturunan China)  yang pergi berburu dan hidup berpindah2 lalu  menyeberangi Selat Bering, yaitu selat yang memisahkan kedua benua tadi dan sampai di benua Amerika bagian Utara ..
 
Namun, setelah diadakan penelitian DNA lebih lanjut maka hipotesa asal muasal tadi menjadi kabur, karena pada DNA suku Indian yang diambil samplenya tidak terdapat tanda2 keturunan dari penduduk benua Asia .
 
Ratusan tahun yang lalu dikala orang Eropah sedang  jatuh cinta berat akan hal yang namanya spices/ rempah2 ... maka berangkatlah Christopher Columbus atas biaya  sepenuhnya ditanggung oleh  oleh Ratu Isabel ke I . 
Rupanya Columbus juga terkecoh. Penduduk asli di benua yang ia temukan pada tahun 1492 tersebut bukanlah daratan India yang ada di Asia. 
Karena sudah salah kaprah , maka ia memberi nama Suku Indian kepada native American tadi .
 

Tribes dan Populasi 

Berbicara soal banyaknya populasi dan suku Indian yang khusus ada didalam  pengakuan negara Federal USA  maka jumlahnya  hanya ada sekitar 661 suku Indian ini sudah termasuk 225 suku yang hidup di negara bagian Alaska .
Sedangkan populasi orang Indian  pada tahun 2008 ada berjumlah sekitar 2,400,000 jiwa  ( bandingkan dengan White: 228.2 juta ; Latino/ Hispanic: 47 juta ; African - American: 37.6 juta ; 
Asian: 13.4 juta ; Hawaiian/Pacific Islanders: 0.43 juta )

Populasi suku Indian yang ada di Amerika tidaklah tumbuh dengan pesat, mengingat sudah ratusan tahun yang lalu sudah sering terjadi pembasmian /genosides yang sudah umum dilakukan oleh kaum pendatang pada waktu itu yaitu oleh orang  Kaukasian yang ber-kulit putih yang datang dari benua Eropah dan menetap di Amerika .
Selain itu pula punahnya sebagian suku Indian tsb ada juga disebabkan oleh penyakit flu dan cacar air  yang dibawa oleh kaum pendatang dari Eropah tadi .


Pocahontas  dan Sacagawea 

Gadis Pocahontas adalah  putri dari kepala suku Powhatan yang lahir di daerah Jamestown ( negara bagian Virginia ) . 
Sekitar tahun 1607, Pocahontas untuk yang pertama kalinya  bertemu dengan kaum pendatang dari Inggris.
Seringkali terlihat membantu para kolonial Inggris yang ada didaerah Jamestown. Alkisah pertemuan Pocahontas dengan John Smith adalah bermula dari dasar hati nurani Pocahontas untuk menyelamatkan nyawa John Smith yang sudah menjadi tawanan ayah dari Pocahontas .
 
Kendati demikian, pada April 1611 Pocahontas menikah dengan John Rolfe juga orang Inggris , yang mana Pocahontas dibaptis dgn nama Rebecca .
Perkawinan ini merupakan perkawinan campuran yang pertama  dalam sejarah Amerika, dimana seorang gadis dari suku Indian dipinang oleh orang bule . 
Dari perkawinan mereka, lahirlah Thomas anak mereka  pada tahun 1614.
Beberapa tahun setelah menetap di Inggris , Pocahontas menderita penyakit tuberculosis lalu minta dipulangkan kekampung halamannya di Amerika. Namun kapal layar yang ditumpanginya harus stop dan mengebumikan dirinya pada tgl. 21 Maret 1617 di Gravesend-England . 
 
Hingga kini nama Pocahontas menjadi legenda yang diabadikan dalam bentuk patung  didirikan didepan gereja St.George Church - Gravesend, England dan juga di kota Jamestown - Virginia.  
 
Dalam jurnal John Smith dikatakan bahwa tanpa bantuan Pocahontas , pihak Inggris belum tentu dapat memiliki/ menguasai daerah Virginia pada waktu itu ....
                                                                                               

 Statue of Pocahontas - Jamestown.
 
 
Wanita kedua yang menarik untuk dikenang disini adalah Sacagawea , yang dibesarkan di daerah sebelah barat Montana dan sebelah timur Idaho  . 
Putri  dari suku Shosone , kala itu sekitar tahun 1800 ia masih berusia 12 tahun , bersama sama dengan beberapa temannya sedang pergi memetik buah berries , lalu tiba2 rombongan remaja ini diserang oleh suku Indian lainnya yaitu dari suku Hidatsa yang sudah jadi musuh bebuyutan suku Shosone  . 
Beberapa dari teman2 nya mati terbunuh dan sebagian lagi dijadikan tawanan .
 
Adalah seorang pedagang yang istilah pada waktu itu disebut trader  ( kadang2 melakukan tukar beli dengan  suku2 Indian dengan jalan barter, saling menukar barang ) . 
Pedagang tersebut bernama Toussaint Charbonneau ( ia sendiri adalah asli orang Perancis asal Kanada ) yang sudah kerap kali melakukan usaha dagang dengan suku Hidatsa .
 
Lalu oleh suku Hidatsa tadi si gadis Sacagawea dijual kepada Toussaint Charbonneau ... yang kelak dikemudian hari Sacagawea menjadi salah seorang istri, dari beberapa istri Touissant  yang sudah ada .
 
Tersebutlah ekspedisi  kesohor oleh US Army  yaitu ekspedisi Lewis & Clark  ( 1804 -1806 ) yang bertujuan membuat peta , mencari route dari Pantai Timur Amerika terus menuju Pantai Pasifik  ( berakhir di Oregon ) dan juga untuk menginventarisir   tentang kekayaan alam bumi Amerika serta membangun/ menjalin tali  persahabatan  dengan penduduk asli ( suku Indian ) di Amerika .

Setelah menikah Sacagawea pun ikut bergabung dengan tim ekspedisi ini dengan jabatan sebagai pemandu jalan sekaligus sebagai penterjemah bahasa, yang notabene yang pada waktu itu ia sedang hamil.
 
Pada bulan Februari 1805 ia melahirkan seorang anak laki2 yang diberi nama Jean Baptiste Charbonneau , yang selalu ikut digendong dipundak ibunya selama ekspedisi berjalan.
Setelah tim ekspedisi telah sukses mencapai pantai barat Amerika , tim ini termasuk Sacagawea pulang kembali kekampung halamannya di Mandan Village , dekat North Dakota
 
Tahun 1812 beberapa bulan setelah melahirkan seorang putri cantik yang diberi nama Lisette . Sacagawea akhirnya meninggal di Fort Manuel  di negara bagian South Dakota.
Setelah Sacagawea meninggal dunia , Clark langsung meng- custody kedua anak Sacagawea . 
 
Pemerintah Amerika  pada tahun 2000 yang lalu telah mengedarkan uang logam senilai $ 1.00 yang diabadikan untuk mengenang jasa Sacagawea terhadap Corps of Discovery pimpinan Kapten Lewis dan wakilnya Letnan Dua  Clark  .

 
Sacagawea dollar 2000-2008: 
 

Wind Talkers 

Sumbangsih dari suku Indian dalam sejarah bangsa Amerika sewaktu pecah Perang Dunia ke II ( PD II ) ialah tentang bagaimana Amerika memenangkan perang Pasifik ini .
Baru sekitar  9 tahun yl, atau tepatnya 26  Juli 2001   Presiden George Bush  menganugerahi  Congressional Medal of Honor kepada 29  Code Talkers dari Suku Indian Navajo ( baca:  Navaho ) .
 
Puluhan tahun lamanya  rahasia Code Talkers ini  tidak pernah dibicarakan oleh umum .  Keberadaannya pun masih diumpet2 oleh pemerintah Amerika ( namanya misi rahasia , jadi ya so pasti  di sembunyikan kehadirannya )  .
 
Sebelum pecah perang  Pasifik, sudah banyak pemuda2 Jepang yang sudah tamat dari college atau universitas di Amerika  dan tentunya pula sudah paham akan berbahasa Inggris . Setelah tamat belajar , mereka langsung pulang kenegaranya dan mengabdi  bagi ibu pertiwinya .
Guna mensukseskan perebutan pulau yang dikuasai Jepang  , seperti  :  Guadacanal,  Iwo Jima , Saipan ,  Peleliu dan masih banyak peperangan di pulau2  dilautan Pasifik lainnya , maka pihak Amerika sudah mempersiapkan bagaimana caranya mengirim kode2 rahasia di medan tempur tanpa diketahui oleh pihak Jepang .

Pihak militer Amerika mempersiapkan 540 orang dari suku Navajo kemudian disaring lagi menjadi 400 orang Code Talkers , dan ditraining di Camp Pendleton- California . Trainingnya sebagian besar  berupa pengenalan  beberapa istilah2  kemiliteran yang kerap digunakan oleh US Marines Corps .  
 
Setiap anggota Code Talkers senantiasa selalu mendapat perlindungan khusus oleh atasannya , dalam arti si prajurit Code Talker tsb. tidak boleh ditangkap/ tertangkap oleh Jepang. Apabila ia tertangkap oleh Jepang , maka si pengawal yang melindungi nya harus menembak mati si Code Talkers  sehingga rahasia kode2 militer tidak jatuh ke tangan musuh .

Satu kelebihan dari misi ini ialah Code yang digunakan dalam bahasa Navajo , hingga PD II berakhir , Kode tersebut tidak bisa dipecahkan !  
Bahasa Navajo yang rumit  dan sulit dimengerti telah berhasil mengalahkan tentara Dai Nippon .

Sebagai pelengkap , hanya ada beberapa  kata yang penulis jumpai dalam  

The Navajo Code Talker's Dictionary .

When a Navajo code talker received a message, what he heard was a string of seemingly unrelated Navajo words. The code talker first had to translate each Navajo word into its English equivalent. Then he used only the first letter of the English equivalent in spelling an English word. Thus, the Navajo words "wol-la-chee" (ant), "be-la-sana" (apple) and "tse-nill" (axe) all stood for the letter "a." One way to say the word "Navy" in Navajo code would be "tsah (needle) wol-la-chee (ant) ah-keh-di- glini (victor) tsah-ah-dzoh (yucca)."

Most letters had more than one Navajo word representing them. Not all words had to be spelled out letter by letter. The developers of the original code assigned Navajo words to represent about 450 frequently used military terms that did not exist in the Navajo language. Several examples: "besh- lo" (iron fish) meant "submarine," "dah-he- tih-hi" (hummingbird) meant "fighter plane" and "debeh-li-zine" (black street) meant "squad."

( lebih lanjut  lihat :  http://www.history.navy.mil/faqs/faq61-4.htm )


 
 
Prajurit BenYahzee ( Adam Beach )  sebagai Navajo Code Talker dalam film Windtalkers

 
 
Salam sejahtera,
Sirpa 

 



 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 7 Halaman Komentar | First Prev Next Last
Tulaaaang....selalu senang membaca artikelmu. Aku masih terus mencari cari tulisan lainnya. Maklum udah lama banget nggak bisa buka koki.
Posted by: rosda | Selasa, 24 Agustus 2010 | 01:49 WIB
Makasih Om Sirpa....Narasinya sangat informatif dengan nuansa sejarah yang kental. Perlahan kami sudah bisa buka KOKI di QATAR, tapi masih sering ngadat.
Posted by: rajawali | Minggu, 22 Agustus 2010 | 02:08 WIB
Terbukti Pakde satu ini suka membaca, artikelnya penuh informasi. Lama gak ngobrol rame-rame. Tadi nongol bareng tapi selisipan jalan ya.... Ok deh, kapan2 lagi...
Posted by: Nonsy | Jumat, 13 Agustus 2010 | 15:39 WIB
Kepada teman2 kokiers ... thx sudah berapresiasi disini , maaf agak telat nih , barusan pulang dari liburan musim panas di Oregon //// @ Lyna : Selamat ya , jadi juara Pertamaax //// @ Minten , Meong, L3N, Kin, Chrissy-USA, SU ... makasih lagi ya ... /// @ Mas Sumonggo : Radio FM pertama di Jogja , memang betul Radio Geronimo... masih inget nggak dgn program acara nya di malam hari , acara " Dua Kaki Diatas Meja " ? moga2 kelingan yo ,mas .. /// @ Lafolweis : Mungkin mbak Walent n Oom Japie/ Isa sedang menikmati vakansi ... /// @ Sari Prijantono, thx dah mampir /// @ Shila : Oooh masih ada darah keturunan red skin ya...huebat deh /// @ Wyd : hehehehe , akhirnya cita2mu tercapai juga ya ( syukur klo berkenan ).. thx kembali //@ Bang CD : Thx bang ... memang si L3N lagi merindukan pergi ke OZ , moga2 niatnya terkabul /// @ PDD, Yuka , Arin : Penduduk asli amrik , ternyata bukan org Batak atau Betawi hehehe , tengkiu ya /// @ Yunisa : Makasih dah mampir ya ... kapan2 klo lagi ke Cupertino ayo kopdaran ama pak Gunawan ( california ) , saya di Campbell nggak jauh kok, cuman selangkah dari Cupertino /// @ Pak Gunawan : Thx dah mampir ... GBU /// @ Mbak Reef : ngakak deh baca Chi Lie , suwun wis mampir mbak ... /// @ dear Piper : selain Pocahontas anda rupanya penggemar Tom n Jerry juga ya /// @ Mas Anoew : wis suwi ora ketemu mas ! piye kabare ... sukses selalu ya ... /// @ Night : Salah ! Pocahontas bukan dari Cina.. yang asli dari Cina itu adalah si SunRise --> nama asli nya A Cun . ...Night , tuh ada pesan dari Lafolweis , katanya , jangan menghilang lagi ya (banyak yg merindukan mu, lho.... ) .... /// @ Wong : moga2 di Singapur nggak kebanjiran lagi ya @ SU : thx ya ... n GBU
Posted by: sirpa09 | Minggu, 8 Agustus 2010 | 21:18 WIB
Thx kepada TA / asmod atas dimuatnya artikel ini ...Salam hangat selalu
Posted by: sirpa09 | Minggu, 8 Agustus 2010 | 20:20 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved