RABU, 16 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
Seputar Koki
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Siapa Mau Disunat di Taman Sari?
Nyi Dch - Kanada

 

Hai semua Kawulawan Kawulawati kembali berjumpa dengan Nyi Dch dalam dalangan gado-gado yang seperti biasa membahas hal-hal menarik yang terjadi di taman sari Putri Zena. Apakah yang sedang menjadi hot item ditaman sari? Setelah Putri Zena dan rombongan mulai tinggal ditempat yang baru yaitu di wilayah kerajaan Detik-detik Bersamamu tiba-tiba boom jumlah populasi di taman sari meningkat tajam. Nyi juga kurang tahu apa ini juga ada hubungannya dengan sering padamnya lampu oleh PLN sehingga mencetak anak menjadi hiburan yang diminati. 

Sekarang ini apalagi disaat pagi sampai sore hari Taman Sari akan penuh nuh nuh nuh pengunjung, sehingga antrian panjang terlihat sampai keluar. Sementara yang didalam Taman Sari pun jadi bingung, maju kena mundur kena saking penuhnya. Banyak yang menjerit-jerit aduh susah sekali masuknya, aduh gimana sih cara masukinnya dan lain sebagainya. Tapi keramaian pengunjung taman sari yang sekarang mendadak membludak bagi sebagian orang malahan menggembirakan.
 
Kawula seperti Pendekar Sunrise Gatal Sepanjanghari, Ki Anoew Hutanrimba dan Pendekar Dangdut Sejati lebih senang dengan keadaan ini, lumayan banyak kesempatan untuk berdesakan jadi bisa nempel dengan para kawulati dengan alasan pura-pura terjatuh ataupun pura-pura terdorong, tapi herannya mereka hanya terjatuh dan terdorong kearah kawulawati, mereka nggak pernah terjatuh atau terdorong kearah selokan atau kearah pasukan sekuriti misalnya. Sementara itu Ki Sirpa Nagasari, Nyi Puspus Meong dan Nyi Yuka Tepung Kobe selalu setia setiap saat (kek iklan deodorant nih) menyapa para pendatang baru. Mereka memang penerima tamu yang jempolan dan bisa membuat pendatang baru merasa kerasan. Nyi Dch juga mau menyampaikan selamat datang di Taman Sari Putri Zena. Semoga Taman Sari Putri Zena tambah heboh sehingga akan terus ada bahan untuk Nyi bikin dalangan.
 
Beberapa saat yang lalu Putri Zena dan Ki Asmunii mencoba mengumpulkan semua penasehat dan kawula. Sang Putri bertanya apakah kawula senang apabila diadakan slametan 40 hari Taman Sari berada dikerajaan Detik-detik Bersamamu ini. Hal ini disambut dengan gegap gempita oleh semua kawula. Dan seperti biasa putri, Ki Asmunii dan penasehat mengadakan meeting untuk persiapan upacara selamatan rumah baru atau bahasa kerennya house warming. Putri juga bertanya kepada semua kawula acara-acara apa aja sih yang bagus, keren dan seperti biasa mengusung nilai-nilai taman sari Putri Zena yaitu “sedikit berbeda” dengan taman sari-taman sari lainnya. Maka banyak kawula memberikan input dan saran kegiatan dan acara apa yang bagus dan meriah.
 
Setelah sang putri, Ki Asmunii dan penasehat menyaring input dan saran dari kawula, maka adapun hasil kegiatan dan acara untuk memeriahkan slametan 40 hari taman sari berada di Kerajaan Detik-detik Bersamamu adalah sebagai berikut :
 
Pagi hari jam 8.00-10.00 Bertempat dihalaman depan Taman sari akan diadakan acara bakti sosial Sunatan Massal.
 
Oh ya sunatannya khusus untuk laki-laki yah, karena sunat untuk perempuan seperti yang pernah dituturkan Nyi Roro Paijo amat sangat mengerikan dan juga membuat kaum perempuan menjadi kurang bisa menikmati acara goyang bersama suami (hal ini juga Nyi Dch kecam kok, apalagi Nyi Dch juga aktif sebagai aktivis yayasan Kesetaraan Urusan Ranjang). Ohya maksud laki-laki disini juga anak laki-laki yah, apabila ada laki-laki dewasa yang belum disunat kepengen disunat ya silahkan. Buat yang kepengen disunat untuk kedua kalinya juga monggo, dengan catatan resiko ditanggung sendiri. Pihak panitia nggak mau menerima protes dari pasangan laki-laki itu dikemudian hari.
  
Pukul 10.00 – 12.00 Parade atau pawai mengelilingi Taman Sari dan sekitarnya.
 
Para kawula yang ingin ikut serta merayakan parade ini dibebaskan untuk memakai busana ataupun berkostum apapun asalkan jangan sampai nggak mengguna- kan busana. Jadi mau berkebaya dan batik silahkan, mengenakan busana daerah masing-masing silahkan, menggunakan kostum ala anak metal atau punk silahkan. Jangankan itu mau berkostum haloween juga monggo aja kok.
 
Juga akan ada iring-iringan kerbau turut memeriahkan parade. Soalnya saat ini para kerbau ini emang lagi ngetop sampai diajak berdemonstrasi, makanya sekarang juga diajak ikut parade. Nyi kasihan juga sih gara-gara para kerbau ngikut parade ini satu harian para petani libur nggak bisa ngebajak sawah. Tapi kalau ditilik dari dunia perkerbauan hal ini merupakan suatu kemajuan gemilang yang dialami para kerbau di era globalisasi.
 
Juga dalam parade ini para penonton akan dihibur oleh atraksi hebat dan manouever manouever canggih oleh para tukang ojek. Ya para raja belantara ibukota ini para kang ojek akan mempertunjukkan kelihaian mereka dijalan raya selama ini. Atraksi keren ini jangan sampai ada yang ketinggalan menontonnya yah.  
 
Siang hari 12.00-14.00 Bertempat diruang makan Taman Sari akan diselenggarakan acara makan siang bersama.
 
Dengan menu serba sayur dan buah seperti tumis kangkung, bermacam jenis salad sayuran, lalapan semua daun termasuk daun muda (yang ini enak buat pencuci mulut keknya hehe..), gado-gado, karedok, dan asinan sayur. Tersedia juga kerupuk aci warna warni 3 karung. (bisa dapet harga discount karena Jagoan Makan Plux kenal sama pemilik pabrik kerupuk ini). Juga turut memeriahkan acara hadir untuk pencuci mulut aneka buah-buahan seperti pepaya, melon, semangka, jeruk bali, dan buah pear.
 
Menurut survey yang panitia adakan sebelumnya para kawulawan memang khusus memesan buah-buah yang berukuran lumayan besar tersebut. Kalau yang berukuran kecil kurang enak dimulut katanya (Nyi juga kurang mudheng sebenarnya sih tapi perlu diakui yang berukuran besar itu memang mengenyangkan lahir batin).
 
Oh ya kenapa kok menunya semua hanya sayur dan buah? Menurut panitia sih supaya kawula Taman Sari semua menjadi sehat walafiat dan sekarang juga sedang trend-nya healthy life style lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Tapi menurut gossip yang memang selalu berkeliaran di Taman Sari menu semua serba sayur dan buah itu karena kurangnya budget yang tersedia alias pihak panitia sedang pengiritan, maklum sedang zamannya krisis ekonomi apa-apa mahal.
 
Untuk minuman juga yang biasanya setiap pesta di taman sari disediakan wine yaitu minuman anggur seperti anggur cap orang tua dan juga hang over ice atau es teller tapi kali ini panitia hanya menyediakan minuman wedang ronde dan wedang jahe atau lebih keren disebut ginger ale. Keknya panitia sudah mengantisipasi akan banyak kawula yang sakit perut akibat hanya makan sayuran dan buah aja dan ginger ale alias wedang jahe ini memang tepat untuk sakit perut. 
 
Pukul 15.00 – 19.00 Akan diadakan Lomba Karaoke yang bertempat di aula utama Taman Sari.
 
Sudah banyak yang mendaftar untuk ikutan lomba karaoke ini. Tapi yang bikin Nyi Dch puyeng adalah suami tercinta Ki Ch antusias sekali mau ikutan lomba karaoke ini. Aduh gimana caranya supaya suamiku nggak ikutan yah. Nyi hanya takut para peserta lomba karaoke beserta panitia akan bubar begitu Ki Ch berkaraoke. Apalagi kalau ada yang bawa bayi dan anak kecil, Nyi takut bayi dan anak kecil tersebut menjadi trauma. Duh ada yang bisa kasih saran nggak yah. Ohya untuk lomba karaoke ini, apabila kawulawan menginginkan jasa "peneman karaoke" harap bawa sendiri karena panitia nggak bisa menyediakannya. 
 
Pukul 19.00 – 21.00 Makan malam bertempat diruang makan Taman Sari.
 
Untuk menu makan malam kembali panitia mengusung ide serba sayuran dan buah. Kali ini akan ditampilkan semua makanan hangat seperti sup kacang, sup sayuran, sup jagung dan balado terong (untuk balado terong ini khusus pesanan para kawulawati yang paling senang mengkonsumsi terong, katanya rajin mengkonsumsi terong bisa menghilangkan puyeng dan lebih terlihat awet muda. Sebaliknya yang kurang atau jarang berurusan dengan terong ini akan terlihat gampang marah, sensitif dan suka uring-uringan, eh ini katanya lho).
 
Minuman malam ini akan disediakan Bandrek made in France dan juga beer pletok buatan Pasar baru (Eh jangan tanya Nyi gimana rasa bandrek made in France ini, nanti aja sama-sama kita coba). Juga lumayan deh masih ada sisa 2 bungkus kacang macadamia oleh-oleh dari Ni Ariana Kramatjati. Untuk pencuci mulut kali ini panitia akan menyediakan mangkok-mangkok berisi air dengan fungsi memang untuk mencuci tangan dan mulut (hehehe udah malem kalau mau makan pepaya atau melon harap makan dirumah masing-masing aja
 
Pukul 21.00 – sampai pagi. Hiburan layer tancep semalam suntuk.
 
Ini atas saran dari Nyi Roro Paijo. Bertempat di areal dekat kuburan tidak jauh dari Taman Sari. Hal ini memang sengaja dilakukan karena terinspirasi dari Ki Jampi-jampi Nggak Ngumpetlagi yang bercerita bahwa sekarang sedang booming dark tourism atau wisata ke tempat angker. Maka film-film yang akan ditayangkan juga sesuai dengan tema tersebut. Adapun film-film yang akan ditayangkan adalah pilihan film-film keren dari Kerajaan NKRI seperti film Sundel Bolong Doyan Mabok, Hantu Pocong Kerokan, Kuntilanak Kemasukan , Bercinta Dalam Kubur, Dhemit Ikut Demosntrasi. Dan juga nggak ketinggalan film hasil kolaborasi Kerajaan NKRI dengan Hollywood seperti film Mr. Vampire wants an Asian wife, Mak Lampir Naksir Ashton Kuchen (ini si Asthon yang kerjanya jadi kuncen dikuburan yah, bukannya Asthon Kutcher lho) dan Genderuwo VS Alien III.
 
Wah film-film keren yang wajib buat ditonton banget deh. Buat yang ingin tahu cerita film-film tersebut Ni Natya Nontonfilm Sampepagi akan membuat resensi untuk film-film tersebut. Kalo Nyi Dch sendiri penasaran sama Hantu Pocong Kerokan dan Kuntilanak Kemasukan. Pasti akan repot sekali kalo si Pocong kena masuk angin dan harus dikerok, buka pocongannya aja udah ribed sekali keknya. Dan Nyi juga belum bisa ngebayangin gimana sih kalo Kunti yang termasuk golongan setan itu kemasukan. Acara nonton layer tancep ini harus, kudu dan jangan sampe ketinggalan untuk diikuti ya kawula. 
 
 
 
 
 
So gimanaa para kawula asyik dan mantap kan acara slametan 40 harian Taman Sari Putri Zena. Momen-momen special memang tercipta untuk orang-orang special. Semoga semua kawula dapat menikmati dan bergembira bersama dalam acara slametan ini.
 
Oh ya panitia masih membuka kesempatan bagi kawula yang ingin disunat dalam acara sunatan massal. Harap sesegera mungkin menghubungi panitia, karena Nyi dengar-dengar banyak sekali yang antusias untuk mengikuti acara sunatan massal ini.
 
Seperti biasa banyak cinta, banyak pepaya dan banyak terong untuk semua. Sampai jumpa didalangan gado-gado Nyi berikutnya (kalau Nyi nggak trauma ngeliat banyak kawulawan yang disunat diacara slametan nanti).

 

 

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 14 Halaman Komentar | First Prev Next Last
yah, lumayan buat mengendurkan otot yg tegang.
Posted by: lindacheang | Senin, 22 Maret 2010 | 06:41 WIB
wkakakakaka lumayan neh buat daftarin eyang kakung sunat gratis.....
Posted by: piet | Kamis, 11 Maret 2010 | 22:27 WIB
Ngakak gw baca Nyi DCH kasih nama oom japie jadi Ki Jampi-jampi Ngak Ngumpetlagi, ada aja si Nyi idenya...
Posted by: Tulip Biru | Jumat, 5 Maret 2010 | 22:03 WIB
Gara-gara,nyebut-nyebut Ki Jampi-jampi Nggak Ngumpetlagi jadi menghilang deh...berubah wujud tuh...qiqiqiqiqi...ayoo tanggung jawab bakar sesajen...:D
Posted by: Mrs.Hottie | Jumat, 5 Maret 2010 | 03:04 WIB
hahaha.. melar, emangnya karet?
Posted by: anoew | Rabu, 3 Maret 2010 | 23:01 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved