RABU, 23 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiKlik
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
To Read Poetry Of The Earth From The Sky
Gabriel Mahal - Jakarta

 

“Ini foto-foto dari pesawat?!” tanya seorang sahabat saya ketika melihat foto-foto ini.

“Iya,” saya jawab.

Kok bisa?!” tanyanya lagi.

“Ya, ndak sulit. Tinggal minta ijin pilot untuk keluar pesawat sebentar, lalu jepret.”

Dia sempat mikir dengar jawaban saya itu. Setelah sadar, dia ketawa. Kemudian dia bilang bahwa dia tidak pernah lihat keindahan pulau-pulau kecil ini dari udara setiap kali terbang dari Bali ke Labuan Bajo, Manggarai, Flores, NTT. Ya, tentu saja begitu! Dia tidak pernah tengok keluar jendela pesawat. Dia punya kebiasaan tidur di pesawat. Jika sadar, ya, lebih banyak memerhatikan pramugari. Keindahan pulau-pulau kecil ini luput dari perhatiannya.

Setiap kali bepergian dengan pesawat, saya punya kebiasaan untuk mencari tempat duduk dekat jendela. Memberi saya akses untuk memotret bagian wajah ibu bumi yang dilewati pesawat. Kecuali, kalau penerbangan di waktu malam. Pemandangan dari atas udara tentu beri perspektif yang berbeda dalam pemotretan. Sekalipun kita tidak dapat memotret dengan leluasa dan terhalang pula oleh kaca jendela pesawat yang tebal itu. Apalagi ketika kacanya kotor.

Nah, ketika satu saat Anda terbang menuju airport Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, NTT, dari arah barat, seperti dari Bali, carilah tempat duduk dekat jendela. Sempatkan diri Anda untuk menengok keluar untuk menikmati gugusan pulau-pulau yang Anda lewati. Anda akan melihat keindahan yang unik dari pulau-pulau kecil itu. Jika Anda bawa kamera, abadikan keindahan itu sebagai bagian dari narasi perjalanan Anda.

Jika Anda tidak dapat tempat duduk dekat jendela, Anda bisa mengikuti kebiasaan buruk saya. Pergi ke bagian belakang pesawat. Biasanya ada ruang kosong yang tidak diisi kursi. Minta ijinlah ke pramugari agar Anda dibolehkan menengok atau memotret dari tempat itu. Ya, pandai-pandailah merayu pramugari.

Dari tempat ini, Anda lebih leluasa melihat atau memotret pulau-pulau yang dilewati pesawat. Anda mendapatkan perspektif yang lain dan memperkaya perspektif Anda ketika tiba di kawasan Taman Nasional Komodo dan berlayar di antara pulau-pulau yang sudah Anda lihat dari udara. Ya, menikmati keindahan puisi ibu bumi di kawasan ini dari perspektif lain. Lebih beragam.


Semoga foto-foto ini bisa menarik minat Anda untuk berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo, kekayaan negeri kita, warisan bumi Indonesia. Dengan begitu semakin kaya pula perspektif kita tentang Indonesia, negeri tercinta ini.

Hidup itu memang akan terasa lebih indah dan kaya jika dilihat dari banyak perspektif. Kalau hanya dari satu perspektif, hmmm... bisa terasa miskin, monoton ---- flat & dry.*

 

 

Gabriel Mahal

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 5 Halaman Komentar | First Prev Next Last
oh em ji! cantiknyaaaaaaaaaa *kagum
Posted by: Natya KGB | Jumat, 30 September 2011 | 09:06 WIB
wyd..oom gamal kan cakep foto2nya pastilah cakep wkwkwkwk.....( biar dpt puisi dr oom gamal yg ganteng) zi zi zi
Posted by: dewimeong | Selasa, 5 Juli 2011 | 17:42 WIB
oom gamal.. ya ampun cantik2nya... pasti pake camera mahal ya hehheh jadi pingin kesana... gmn fasilitas utk wisatawan disana oom ?? oom kpn muncul puisinya lagi.. byk yg nunggu nih
Posted by: wyd | Selasa, 5 Juli 2011 | 16:32 WIB
@miauw ooo...ic :D
Posted by: Parl | Selasa, 5 Juli 2011 | 09:13 WIB
Amazing!!!! Kpn bisa kesana yaaa????
Posted by: izumi | Selasa, 5 Juli 2011 | 08:40 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved