MINGGU, 20 APRIL 2014
 
        Lupa Password?

detikTravel

detikTravel

Info Promosi Travel

Wego
Tags
This will be shown to users with no Flash or Javascript.
KoKiFood
CITIZEN JOURNALISM: SIAPA SAJA, MENULIS APA SAJA
Diet Usai Melahirkan
Silvia

 

Dua kali hamil, dua kali berat badan gila-gilaan melonjak. Soalnya memang doyan makan, jadi kesempatan saat hamil tak puas-puasin. Begitu muntah, makan lagi. Muntah, makan lagi. Mama dan papa sampai geleng-geleng kepala.

Enaknya, hamil juga pas pakai baju agak ketat. Tidak perlu tahan nafas supaya perut kelihatan rata. Hihihi......

Eniwei, setelah melahirkan, sebel juga masa masih disangka hamil oleh orang-orang. Kelewatan! *smile. Tuh, lihat saja fotonya. Hihihi

Jadi, akhirnya diet dan olahraga lari (berenang mah buat saya cuma rileksasi. Soalnya kurang bisa berenang gaya bebas atau gaya kupu-kupu. Bisanya cuma gaya dada. Jadi ya biar kuat renang berapa kali putaran kolam renang ukuran olimpiade, tetep aja berat badannya tidak turun banyak). Nyoba yoga (malah ketiduran beberapa kali di kelas), body balance (sama ceritanya dengan yoga), RPM (bokong sesudahnya sakit banget), aerobik (salah gaya melulu karena memang tidak pintar dansa dan tidak mengerti ritme musik. Hihihi), dan body combat (love it). Tapi memang harus melakukan olahraga kardio minimal satu jam dan minimum tiga kali seminggu supaya berat badan saya turun.

Makanan juga mulai dikurangi karbohidratnya. Saya suka sekali sama yang namanya karbohidrat. Mau dibikin mie, bihun, pasta, roti, nasi, bubur, dan lainnya, semua suka dan suka banget. Hihihi. Tapi selama diet, ya kudu mengendalikan diri. Minum kopi susu (banyak susunya dari kopinya) juga dikurangi porsinya, makan malamnya juga lebih pagi sebelum jam 7.30 malam sudah makan. Kalau suami lagi makan es krim kesukaan kami, biasa kami menghabiskan satu liter sekaligus sekali makan. Saat diet, saya icip-icip saja. Lihat keripik kesukaan, tidak beli. Supaya tidak menambah godaan dirumah.

Ada orang-orang yang selepas melahirkan sudah langsing. Tuh, seperti fotonya Gisele dari majalah Vogue edisi U.S keluaran April 2010. Tidak tahu bagaimana tuh caranya. Genetik kali, ya. Kalau buat teman-teman yang setipe sama saya, ya, kita harus berani bayar harganya.

Ini sample menu selama saya diet. Tidak betul itu kalau diet kudu makan salad melulu. Bosen banget dong*smile. Kadang, saus salad juga kudu diperhatikan kandungan kalorinya. Tidak semua buah juga rendah kalori.

Yang jelas, sekali lagi, kudu mau geret badan untuk olahraga. Jalan cepat 30 menit tiap hari juga bagus, koq. Tapi memang berat badannya turun lebih lama.

Sarapan

1 gelas susu kacang tanpa gula, atau
1 mangkuk kecil kembang tahu dengan sedikit gula saja, atau
susu low fat dengan telur rebus dua buah (jangan dimakan kuningnya), atau
1 cangkir yoghurt low fat, atau
1 lembar roti gandum dan 1/2 sdt mentega dan 1 cangkir susu low fat, atau
1 cangkir susu low fat dengan satu buah pisang, atau
1 cangkir susu low fat dicampur dengan buah kesukaan dan dibikin smoothie. Jangan memakai gula.

Makan siang

1/2 mangkuk kecil karbohidrat ditambah dengan:

1 mangkuk sup, atau
1 potong steak ikan dikukus dengan sayuran dikukus, atau
1 potong dada ayam tanpa kulit dikukus dengan sayuran

Makan malam

1 potong steak ikan kukus dan sayuran dikukus/rebus, atau
1 buah kentang kecil di rebus/di-grilled plus sayuran hijau rebus/kukus dan satu lembar fillet dada ayam/ikan dikukus/di-grilled, atau
1 mangkuk sup

 

Salam,

Silvia

ILUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI 

MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA

Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


1 dari 10 Halaman Komentar | First Prev Next Last
Minum susu asam juga baik (bukan yoghurt)...dengar-dengar sih baik untuk mengencangkan kulit.
Posted by: walentina | Kamis, 8 Desember 2011 | 05:33 WIB
nanti ta' suruh wintersun baca artikel ini, biar maknyus kembali habis melahirkan hihihihihi
Posted by: rosonezz | Jumat, 2 Desember 2011 | 10:03 WIB
Mauliate, Farvel. ***** Masa sih Farvel makmur? Ga percaya:)
Posted by: SU | Jumat, 7 Oktober 2011 | 13:02 WIB
Waaah tampaknya diet si Oma berhasil yah soalnya langsing abis euy hihihi...kalau aq skrg lg makmur euy wkwkkw habisnya pas bulan puasa di Indo sih sprt Nonsy bgl..badan bertambah gila2 an...apalagi kacamata kudanya gak oma pinjamin hihihihi
Posted by: farvel | Kamis, 6 Oktober 2011 | 23:00 WIB
Jejen: Ga usah terlalu dibayangin. Minta kekuatan dan ketenangan dari Tuhan saja:) ******Luien:Saya juga sukaan yang versi snowy mooncake lebih enak memang. Besok hari terakhir beli moon cake:)
Posted by: SU | Minggu, 11 September 2011 | 21:00 WIB
Anda harus login untuk memberi komentar pada Artikel ini...
About KoKi | Info iklan | Privacy policy | Terms of use| Karir | Contact Us
 
© 2008 - 2009 KoKi. All rights reserved